Cara Menstabilkan Video di Adobe Premier Pro dengan Mudah


Cara Menyetabilkan Video di Adobe Premier Pro dengan Mudah - Merekam video memang kegiatan menyenangkan, apalagi ketika sudah diedit dan hasilnya memuaskan, pasti akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Nah, hasil video yang bagus itu sebenarnya relatif. Tergantung orang maunya seperti apa, kan persektif mereka berbeda-beda.

Ada yang menurut mereka editannya harus bagus, pengambilan gambar yang tepat, grading yang tepat, posisi kamera yang perfect, dan masih banyak lagi kriteria dari pandangan banyak orang yang mungkin jago edit.

Terlepas dari semua itu, semuanya pasti akan sia-sia dong jika video yang kita ambil itu goyang-goyang atau tidak stabil, padahal semuanya sudah dirasa perfect, eh malah videonya sendiri yang bermasalah.

Video yang shaking memang sangat tidak sedap dipandang mata. Apalagi jika semisal seorang multimedia yang menonton, pasti mereka akan tertawa melihatnya.

Tapi tenang, saat ini ada bermacam software di laptop atau PC yang bisa mengakali hal tersebut. Sebut saja adobe premiere dan vegas.

Dua aplikasi tersebut adalah software edit video yang paling banyak digunakan saat ini di perangkat lunak komputer yang banyak sekali fitur-fiturnya. Salah satunya yaitu video stabilizer yang digunakan untuk menyetabilkan video goyang. Mau tau gimana caranya? yuk simak!

Cara Menstabilkan Video di Adobe Premiere 

Nah, tutorial kali ini saya hanya akan menggunakan software premiere karena jujur saja saya tidak begitu mempelahari tentang vegas. Tapi, inti dari fitur ini sama kok, bahkan efek yang dihasikan juga sama. Jadi tidak masalah. 

1. Buka aplikasi adobe premiere kalian, terserah akan berapapun versinya. Tapi, saya sarankan kalian sudah memiliki yang versi CC untuk mengikuti jaman sekarang.

2. Buat sebuah projek baru.

3. Import video yang ingin kalian stabilkan dengan cara mengklik kanan bagian projek dan pilih import.


4. Drop video yang sudah diimport tadi ke sequence.

\
5. Sudah dilakukan? sekarang berikan efek video di sequence tersebut dengan menuju Video Effect > Distort > Warp Stabilizer, kemudian drop ke video yang ada pada sequence.

Apa itu Warp Stabilizer? Warp Stabilizer adalah sebuah efek video yang ada di Adobe Premiere dan After Effects yang digunakan untuk menstabilkan video. Contohnya ketika kita merekam video dengan kamera/HP dan hasil videonya goyang-goyang (tidak stabil) atau shaking. Karena itu, untuk mereduksi hal tersebut, digunakanlah Warp Stabilizer yang ada pada software ini.


6. Selesai, sekarang tunggu hingga waktu penyetabilan selesai. Waktu lamanya dari proses berlangsung ini tergantung ukuran, kualitas, dan durasi video yang kalian stabilkan.

Jika videonya berdurasi lama, pasti waktu prosesing juga lama dong. Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatian dan ketahui sebelum menggunakan cara ini.

  • Ada kemungkinan video akan dipotong ketika proses stabilisasi gerakan yang ada di video.
  • Warp stabilizer tidak akan bekerja jika gerakan yang dihasilkan pada video terlalu banyak.
  • Penggunaan warp stabilizer tidak bisa digunakan secara bersamaan dengan beberapa efek tertentu seperti manipulasi speed video.

Efek ini akan sangat berguna apabila terjadi goyangan kecil dan ingin menyempurnakan hasil video yang ada. Seperti ini contoh hasilnya :


Nah, apakah kalian ingin mencobanya juga? Tunggu apalagi? silahkan aplikasikan tutorial yang sudah dipaparkan diatas tadi.

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: