Bermacam Jenis Batik di Indonesia Beserta Maknanya


Macam - Macam Batik Beserta Gambar dan Maknanya - Yah, batik itu sebuah karya murni dari tanah air kita Indonesia yang dibuat dengan bermacam motif dan corak yang berbeda nan indah.

Batik sendiri berdasarkan definisinya adalah kain bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain yang akan dibuat, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki ciri khas sendiri.

Nah, di Indonesia ini ada banyak sekali macam batik yang tersedia dan bisa kalian beli berdasarkan selera kalian.

Tapi uniknya, keperbedaan motif pada batik ini bukan tanpa alasan, ada makna sendiri yang dilontarkan melalui perantara batik ini. 

Mau tau macam-macam batik dan maknanya? berikut ulasannya :

1. Batik Kraton


Batik Kraton merupakan cikal bakalnya  dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya mengandung makna filosofi hidup yang mana secara langsung mengajarkan tentang nilai-nilai kehidupan dalam bermsyarakat kraton pada jaman dulu. 

Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik ahli yang dipilih oleh kraton itu sendiri.

pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton. Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang “biasa” seperti motif Batik Parang Barong, Batik Parang Rusak termasuk Batik Udan Liris, dan beberapa jenis motik yang lain.

2. Batik Sekar Jagat


Motif Sekar Jagad adalah salah satu motif batik khas Indonesia yang cukup banyak digunakan hingga jaman millenial ini. Motif ini mengandung makna kecantikan dan kelarasan sehingga orang lain yang melihat akan terpikat.

Ada pula yang beranggapan bahwa motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata “kar jagad” yang diambil dari bahasa Jawa ( Kar=peta; Jagad=dunia ), sehingga bisa4 diambil simpulan bahwa batik ini bermaknakan keberbedaan dan keberagaman yang ada di Dunia khususnya tanah air ini.

3. Batik Pringgondani


Pringgondani sendiri adalah nama tempat tinggal kesatria Gatotkaca sebagai putera Werkudara. Motif ini biasanya ditampilkan dalam warna-warna gelap seperti biru indigo (biru nila) dan soga-coklat, serta penuh sulur-suluran kecil yang diselingi dengan naga.

Tidak ada makna khusus dari corak ini karena filosofinya memang tempat tinggal Raden Gatotkaca itu sendiri.

4. Batik Kawung


Yang menjadi karakter khas dari  motif Kawung ini adalah pola bulatan yang mirip dengan buah Kawung ( sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling ) yang ditata secara rapi dan geometris. 

Kadang, motif ini juga digambarkan sebagai gambar bunga lotus ( teratai ) dengan empat lembar daun bunga yang mekar. ( bukan anime black clover loh ya ).

Lotus sendiri adalah bunga yang menyimbolkan umur panjang dan kesucian. Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif tertentu.

5. Batik Sida Luhur


Motif-motif yang berawalan dengan sida ( dibaca sido ) merupakan jenis motif batik yang banyak dibuat para pembatik di Indonesia. Kata “sida” sendiri berarti jadi/menjadi/terlaksana. 

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa motif batik dengan berawalan “sida” ini mengandung harapan agar apa yang diinginkan bisa tercapai dan terlaksana.

Motif Sida Luhur ( dibaca Sido Luhur ) bermakna keinginan untuk mencapai kedudukan yang tinggi, dan dapat menjadi panutan masyarakat.

6. Batik Sida Asih


Nah, hampir sama dengan batik Sida Luhur, hanya saja Sida Asih memiliki makna yang sedikit berbeda yaitu sebuah harapan agar manusia mengembangkan rasa saling menyayangi dan mengasihi antar sesama.

Hal tersebut dari kata bahasa jawa Asih yang mana jika di Indonesia berati sayang atau mencintai. Jadi, batik ini sangat dipakai ketika kalian menghadiri acara kondangan atau resepsi sang mantan, haha.

7. Batik Semen Rama


Dimaknai sebagai pembayangan dari “ kehidupan yang semi ” (kehidupan yang berkembang atau makmur). Terdapat beberapa jenis pola pokok pada motif-motif semen. Yang pertama adalah pola yang berhubungan dengan daratan, seperti tumbuh-tumbuhan atau beberapa jenis binatang darat.

Kedua adalah pola atau ornamen yang berhubungan dengan udara, seperti garuda, burung dan mega mendung ( awan ). 

Sedangkan yang ketiga adalah pola yang berhubungan dengan laut atau air, seperti ular, ikan dan katak.  Jenis pola tersebut kemungkinan besar ada hubungannya dengan paham Triloka atau Tribawana pada penciptannya.

Paham Tribawana tersebut adalah ajaran tentang adanya tiga dunia yaitu dunia tengah tempat manusia hidup, dunia atas tempat para dewa dan para suci, serta dunia bawah tempat orang yang jalan hidupnya tidak benar/dipenuhi kemurkaan.

8. Batik Sida Mukti


Sida Mukti meruapakan motif batik yang biasanya terbuat dari zat pewarna soga alam. Biasanya digunakan sebagai kain dalam upacara pernikahan. Ornamen yang tekandung didalamnya adalah gurda.

Dari beberapa jenis batik berpola " sida " seperti yang sudah dipaparkan diatas, salah satunya adalah sida mukti, yang mengandung harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin baik dunia maupun kehidupan selanjutnya.

Nah, itulah beberapa jenis batik populer yang ada di Indonesia, kalian mau beli yang mana nih? semuanya juga boleh, hehe.

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: