Emulator Android untuk PC Paling Ringan dan Terbaik 2019


Emulator Android untuk PC Teringan dan Terbaik 2019 - Nah, teknologi saat ini ada banyak macamnya dan mereka yang mengembangkan hal sama akan terus saja bersaing untuk menghasilkan karya terbaik mereka.

Smartphone dan laptop adalah salah satu bentuk hasil kreativitas para pengembang teknologi yang sampai saat ini masih banyak peminatnya. Termasuk kalian yang sedang membaca artikel ini.

Nah, smartphone dan laptop itu hampir sama, bedanya mungkin hanya dalam ukuran saja. Secara fungsi dan lainnya, mereka ini hampir sama.

Laptop pun bisa menggunakan android portable di desktopnya.

Benar saja, untuk melakukan hal tersebut, laptop akan membutuhkan semua emulator android yang saat ini ada banyak sekali macamnya.

Karena banyak macam itu, banyak para pengguna laptop yang bingung memlilih diantara mereka yang terbaik. Tidak hanya terbaik secara fungsi, tetapi pastinya harus ringan dan support laptop atau pc kentang dong.

Santai saja, admin telah merangkum beberapa daftar emulator yang menurut kami ringan dan juga sangat baik untuk kalian coba. 

Mau tau apa saja nama-nama emulator tersebut? berikut adalah daftarnya :

1. MEmu Emulator


Siapa sih yang tidak kenal dengan emulator satu ini? emulator multifungsi yang mengklaim dirinya sebagai emulator android untuk PC terbaik saat ini.

Yah, jujur saja saya menggunakan emulator ini saat ini. Kebutuhan sistem minimal yang cukup ringan membuat emulator ini banyak digunakan, apalagi dengan update versi androidnya yang tidak terlalu ketinggalan ketimbang emulator lainnya.

Memu juga menyajikan kontrol bawaan dari setiap game yang akan kita mainkan. Misalnya mobile legend, maka sudah disediakan kontrol yang pas atau tepat. Begitu juga dengan pubg, pokoknya kalian pasang game, kalian bisa tinggal main.

2. Nox Player


Nox emulator juga mengklaim dirinya sendiri sebagai emulator terbaik. Yah, semua pengembang memang tidak mau kalah dengan produk lainnya.

Emulator ini sendiri sebenarnya juga cukup ringan. Hanya saja interface yang dihadirkan bisa dikatakan sederhana dan tidak terlalu menarik.

Lepas dari itu semua, nox player juga terkadang memberikan banyak bug seperti stuck loading dan yang lainnya. Mengasingkan hal itu semua, nox merupakan emulator yang ringan dan sangat kompatibel.

3. Ko Player


Jika kalian berbicara peforma, mungkin emulator yang satu ini tidak bisa diragukan lagi. Mampu menyeimbangi MEmu yang notabenya merupakan emulator teringan, ko player bisa dijadikan alternatif untuk kalian.

Tapi tidak hanya itu . . .

Kompabilitas ko player tidak bisa diragukan lagi. Hal ini bisa dibuktikkan dengan banyaknya game yang bisa dijalankan. Dulu ketika MEmu dan Nox tidak bisa memainkan Pokomon GO menggunakan fake GPS, justru Ko Player'lah yang bisa memainkannya dengan lancar.

4. Remix Player


Yah, remix sendiri ada 2 versi ya sobat. Ada yang versi sistem operasi dimana kita bisa menginstalnya melalui flashdisk atau cd dan ada juga versi simpelnya yaitu dalam bentuk emulator.

Nah, dalam bentuk emulator maupun sistem operasi, tidak usah ditanya lagi bagaimana tentang penampilan dan kompabilitasnya.

Sayangnya, remix player sendiri sedikit berat karena memang membawa fitur yang agak kekinian. Jadi, buat low end pc sedikit tidak disarankan ya sobat.

5. LeapDroid


Nah, kata salah satu reviewer di youtube, Leapdroid ini adalah salah satu emulator android teringan yang pernah ada sebagai pengganti windroye.

Windroye adalah emulator android teringan yang sekarang pelayananannya sudah dihentikan karena beberapa alasan seperti kurangnya pengguna.

Karena hasil sang pengembang leapdroid yang dikatakan cukup membanggakan, maka tak segan-segan pihak google pun menghubungi developer untuk diajak kerja sama. Hasil kerja sama itu menghasilkan leapdroid selalu mendapatkan update versi android lebih cepat daripada yang lain.

6. Genymotion


Genymotion sendiri mempunyai dua versi yang berbeda, yakni versi free dan business yang pastinya diantara kedunya terdapat sebuah perbedaan. 

Bisa kalian lihat sendiri perbedaannya di situs resminya ( https://www.genymotion.com/#!/store ). atau simpelnya seperti gambar dibawah ini : 


Bisa dilihat jika untuk versi premiumnya katanya akan "membuka" semua fitur yang ada. Untuk lebih lanjutnya, kalian bisa lihat itu dengan pilih learn more.

Untuk katanya ya, emulator ini cukup ringan untuk digunakan dan bisa lancar dipakai pc low end. Tapi karena saya belum pernah mencobanya, mungkin kalian bisa lah nyobain dulu.

7. Andy Emulator


Andy cukup populer di kisaran tahun 2015 dan masih hidup hingga saat ini walaupun penggunanya tidak seramai dulu.

Berbicara tentang peforma, andy emulator masih mampu disejajarkan dengan MEmu dan juga Ko Player. Tidak terlalu membebani CPU dan kompabilitas yang memadai untuk game-game jaman sekarang.

Walaupun bisa memainkan game jaman sekarang, saya sendiri masih belum tau apakah kontrol untuk game seperti PUBG dan ML sudah disediakan atau harus setting sendiri. Oleh karena itu, untuk sang hobi pencoba, mungkin tidak ada salahnya mencicipi emulator satu ini.

8. Droid4x


Katanya nih ya, emulator satu ini sih " The best for gaming performance ". Tidak cukup tau karena admin belum mencobanya sendiri.

Yang jelas dari para reviewer, peforma yang disuguhkan memang cukup oke dengan penggunaan RAM yang sedikit besar. 

Salah satu fitur yang saya sukai adalah fitur fake GPS'nya sehingga ketika kita memainkan game Pokomen GO, tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

9. Bluestacks


Nah, emulator satu ini sangat tidak pas dipasang apalagi dijalankan di komputer yang memiliki RAM rendah serta VGA yang kurang dari 1gb.

Salah satu emulator yang dengan berani saya katakan cukup membuat PC kalian kewalahan karena beratnya ( tidak untuk PC dewa ).

Memang berbicara tentang kompabilitas dan fitur, bluestacks tidak bisa diragukan lagi, tapi untuk masalah peforma, saya rasa masih berada jauh diantara MEmu dkk.

10. Xe Player


Jujur saja admin baru mengetahui emulator satu ini ketika iseng menjelajahi forum android xda-developer untuk mencari firmware hp.

Tidak disangka, ada artikel yang mereview sebuah emulator yang sebenarnya sangat asing yaitu bernama XePlayer. Baca di sini : XePlayer - Free & Best Android Emulator

Entah karena kudet atau apa, yang jelas dari spesifikasi minimum yang dibutuhkan, emulator ini bisa menjadi pilihan sebagai Emulator teringan yang bisa anda gunakan di PC Low end kalian.

Nah, itulah beberapa daftar emulator ringan yang bisa kalian gunakan, semoga bermanfaat buat sobat ya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: