Cara Menjadi Tanker yang Baik dan Benar di Mobile Legend


Cara Menjadi Tank yang Baik dan Benar di Mobile Legend - MOBA memang menjadi salah satu genre permainan yang masih ramai dimainkan hingga saat ini walaupun berada ditengah keramaian battle royale seperti PUBG dan fornite.


Kendati begitua, moba yang satu ini tetap mampu mempertahankan eksistensinya sebagai moba yang banyak dimainkan saat ini di Indonesia ( bukan sampai luar negeri loh ya ).

Benar, game tersebut adalah Mobile Legend, salah satu Moba banyak bocah hingga orang dewasa yang memainkan game tersebut misalnya untuk mengisi waktu luang atau karena memang seorang maniak game.

Nah, semua game MOBA dalam permainannya pasti ada semacam role yang mana dibagi menjadi bermacam-macam untuk beberapa hero dan para penggunanya.

Salah satu role hero di Mobile Legend sendiri ada yang namanya tank, alias hero yang bertugas di lini depan melindungi sang pemberi damage ( damage dealer ) untuk terus hidup dan memenangkan permainan.

Menjadi tank tidak asal maju dan melindungi, tetapi tetap ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan agar menjadi tank yang baik dan benar. Apa sajakah itu? berikut adalah cara menjadi tank menurut saya di mobile legend :

1. Farming Untuk Mendapatkan Item

Yah, apa gunanya menjadi tank yang miskin? yang terjadi jika kalian miskin terntunya kalian tidak bisa melindungi carry kalian dong, kenapa? karena kalian tidak memiliki item yang mumpuni ketika war sehingga kalian akan mudah mati sebagai tank.

Lalu gimana dong? kita kan tank...

Emangnya, hanya karena kita tank kita akan miskin? tidak selamanya begitu sobat. Kita sebagai tank juga harus kaya, beberapa tips dari saya adalah yang pertama,

A. Membantu Midlaner

Di meta saat ini, monster jungle menjadi lebih ganas alias lebih sakit ketimbang meta lama. Oleh karena itu sebagai tank, kalian ditugaskan untuk membantu carry mid kalian agar cepat jadi itemnya dan memberi tekanan kepada midlaner musuh seperti mengganggu farming mereka atau bahkan mencuri farming mereka.

B. Selalu Join War

Guna tank adalah melindungi teman kalian agar tidak mati. Memang seperti itu kodrat kalian, haha. Tapi tenang, tank yang baik pasti akan memberikan sebuah victory. Assist akan memberikan sedikit gold dan exp kepada kalian sehingga sangat disarankan untuk tetap mengikuti war walaupun harus mati terlebih dahulu.

Selain itu, sangat disarankan untuk memberikan kill kepada carry kalian, karena apa? karena mereka lebih membutuhkan uang untuk membeli item dengan cepat sehingga intinya, tugas kalian disini pokoknya menjadi babu untuk carry kalian. Toh, babu juga dibayar kan? sama seperti disini, bayaran gold dan exp tank adalah dengan menjadi babu carry.

2. Selalu Bergerak dan Rotasi

Nah, akan sangat lucu jika tank tidak pernah bergerak dan selalu mendekam pada satu lane saja. Tugas tanker adalah membuka serangan sejak menit-menit awal pada carry musuh, secara terus menerus melakukan hal yang sama hingga lawan kesulitan sakan kesulitan dalan fase laningnya.

Bila lawan meninggalkan lane misalnya karena recall, maka kalian punya kesempatan menghancurkan tower dan mencuri buff mereka. Bila kalian menguasai pergerakan di jungle, musuh akan terpaksa untuk bergerak bersamaan maka kalian berhasil menjalankan tugas tanker lainnya yaitu sebagai space created.

Pahami juga cara melihat keadaan melalui mini map dan pergerakan layar kalian atau intinya jangan sampai buta map. Minimap tidak hanya berfungsi untuk tujuan respon cepat tanggap tapi juga menyerang. Menargetkan hero carry mereka selalu menjadi kunci kemenangan kalian.

3. Positioning Ketika War

Sebagian tank akan bertugas sebagia inisiasi atau yang memulai perang dan memastikan bahwa semua damage musuh yang diterima tertuju pada kalian sebagai tank, jangan sampai damage dealer kalian mati terlebih dahulu.

Kalian bisa menggunakan cara bait ketika war dan membiarkan teman kalian bersembunyi. Setelah semua hero musuh fokus kepada kalian, tiba saatnya untuk tim kalian melakukan serangan kejutan.

Memang membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang sinkron untuk melakukan seperti ini. Tetapi, kalian bisa beradaptasi dengan main tim kalian seperti apa.

Misalnya hero kalian adalah tipe individu ( tidak untuk war ), maka menculik musuh satu-satu adalah jalan yang terbaik untuk memenangkan permainan.

Berikut adalah video gameplay tank dari saya ( maafkan bila noob ) :


Nah, mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: