Klarifikasi Tentang VPN yang Katanya Bahaya, Cek Faktanya!


Klarifikasi Tentang VPN yang Katanya Bahaya, Cek Faktanya! - Sekarang lagi viral ya sama aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang bisa membuka akses blokir dengan menggunakan ip luar negeri dengan aman dan privat.

Benar, apalagi kalau bukan VPN walaupun proxy mungkin masih bisa digunakan. Tetapi VPN adalah salah satu alternatif yang paling efisien untuk melakukan tugas seperitu itu.


VPN sendiri berdasarkan pengertiannya adalah layanan koneksi yang memberikan kita akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan data sang pengguna dengan aman pastinya.

Tapi katanya nih, VPN itu berbahaya loh.

Emang beneran ya VPN itu berbahaya?

Nah, berbahayanya VPN atau tidak itu sebenarnya tergantung bagaimana kita menggunakan aplikasi ini dan aplikasi VPN apa yang digunakan. Misalkan saja kita menggunakan aplikasi yang abal-abal, tentunya kita tidak bisa menggaransi keamannya dong.

Jadi katanya,

1. VPN itu bisa Mengandung Malware yang Berbahaya

Jadi gini, malware itu sumbernya bermacam-macam. Tapi, hampir 90%, malware yang ada pada sebuah perangkat lunak misalnya komputer, smartphone itu datang atau ada karena kecerobohan kalian sendiri.

Memang, hacker bisa saja mengirim sebuah virus ke perangkat kita, tapi tentunya pasti ada sebuah perantara seperti aplikasi dan lain-lain.

Nah, aplikasi itu bisa jadi VPN, tapi VPN yang kalian unduh secara sembarangan atau di tempat yang tidak ada lisensinya.

Jika kalian mengunduh'nya melalui google playstore yang sekarang sudah dibekali dengan google play protect.


Maka akan ada garansi keamanan yang lebih aman daripada mengunduh pada sumber lain, apalagi dari website yang dibagikan pada grup atau yang lainnya, bisa jadi itu adalah perantara mereka ( para hacker )

Nah, google play protect ini sendiri berfungsi untuk memfilter dan menganalisis aplikasi yang terkontaminasi sebelum dikirim ke playstore. Jadi misalkan ada malware pada aplikasi, maka aplikasi tersebut akan dihapus oleh google di daftar playstore.

Jadi aman kok, santai aja. Malware itu bisa datang karena kecerobohan kalian, bukan kesalahan aplikasinya.

2. Data Kalian Bisa Disadap

Jadi gini, ini saya dapatkan infonya dari master sultan haikal melalui snapgramnya, kalian pasti tau lah siapa dia. Dia berkata bahwa data yang disadap itu adalah karena kalian mengirimkan data-data secara ngawur pada website yang tidak resmi dan tidak aman alias scam.

Bahkan pada situs yang terkesan aman saja masih memiliki risk yang bisa terjadi perbocoran data karena misalnya ada hacker yang memang ingin membobol situs tersebut walaupun dibutuhkan kelompok hacker yang kuat.

Tapi kita disini bicara tentang VPN loh ya. Jika kalian menyalahkan VPN karena terjadi perbocoran data, pastikan dulu aplikasi VPN'mu meminta data atau tidak ketika ingin menggunakannya. Jika iya, maka abaikan saja atau ganti yang lain karena bisa jadi itu adalah scam.

Salah satu scam itu ya phising yang dibuat secara mirip dan mendetail mulai dari tampilan hingga ip yang digunakan untuk mengelabuhi kalian dan mencuri data kalian yang sudah kalian masukkan. Berikut adalah ciri-ciri phising :

  • Tampilan yang Menyerupai Asli tapi Domain yang Sedikit Berbeda.
  • Biasanya tidak dibekali dengan https://
  • Link sulit diakses atau lambat
  • Ketika anda sudah memasukan data, maka tidak akan memuat laman selanjutnya tapi justru memuat ulang laman yang saat ini sedang dikunjungi.

Jadi, hati-hati saja terhadap penipuan phising ini karena kasus terparahnya, kalian bisa kecurian data kartu kredit dan beberapa informasi penting lainnya.

3. VPN Bikin Lemot Kecepatan Internet

Kalau dalam kasus ini, pastikan dulu vpn yang kalian gunakan premium atau yang gratisan. Kalau yang gratisan, tentu saja bikin lemot karena akses ip yang diberikan terbatas dan tidak bisa memilih ip yang benar-benar cocok dengan lokasi kita.

Jadi gini, IP kita kan di Indonesia, pada VPN gratisan itu, biasanya ip yang disediakan di negara amerika, kanada, inggris, dan negara barat lainnya. Padahal, IP tersebut sangat jauh dengan lokasi kita.

Jika kita memiliki VPN premium, maka kita bisa mendapatkan lebih banyak akses IP lebih banyak khususnya di negara Asia.

Dengan adanya IP Asia, maka kecepatan yang digunakan tidak akan tereduksi dan justru terkadang bisa menjadi lebih cepat daripada biasanya.

Jadi intinya ...

VPN'nya tidak salah, kalianlah yang ceroboh alias bego.

Sebenarnya, VPN ini justru memberikan banyak manfaat kepada penggunanya.

  • Dapat menjaga data pengguna tetap utuh
  • Menghindari pencurian data
  • Pemeriksaan sumber untuk keamanan

Jadi, apa yang media katakan tentang bahaya VPN itu sebenarnya adalah manfaat VPN yang mereka putar balikkan faktanya karena kecrobohan pengguna, bukan kesalahan VPN itu sendiri.

Coba kalian simak video dibawah ini, siapa tau lebih jelas :


Nah, mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata atau ketik, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: