Cara Jitu untuk Masuk ke Halaman Pertama Penelusuran Google


Beberapa Tahap Jitu untuk Masuk ke Halaman Pertama Google ( SERP ) - Banyak orang yang beranggapan bahwa SERP maupun SEO adalah satu kesatuan yang saling berhubungan tapi tidak ada kepastian yang berarti. 

Kepastian yang dimaksud adalah apakah situs dengan yang " SEO "nya bagus itu akan selalu menjadi penjajah halaman pertama google?

Memang benar mereka para penjajah halaman satu google adalah website yang mungkin SEO'nya bagus. Tapi, ada juga dengan mereka yang " asal-asalan " juga bisa menyusup ke halaman satu google.

Saya tidak bisa menjamin SEO itu ilmu pasti atau bukan karena jujur saya bukanlah seorang pakar maupun master.

Tetapi bisa saya tekankan disini, tidak ada yang tidak pasti, seperti itulah analogi yang bisa saya bayangkan. Begitupun halaman 1 google, kita tidak bisa memasukinya dengan mudah tetapi juga pasti ada cara yang bisa diaplikasikan untuk memanipulasi blog kita menjadi lebih baik.

Oke, kita kembali ke topik bahasan utama.

Apa yang sebenarnya sebuah situs web atau blog perlukan? pengunjung, popularitas, dan pendapatan? Benar, kita memerlukan semua itu.

Tapi untuk mendapatkan semua itu, kalian tentu tidak lupa bukan dengan kontensaya harap kalian tidak benar-benar melupakannya.

#1 Lupakan Optimasi untuk Sementara

Bukan bermaksud untuk melupakannya selamanya. Saya disini akan mencoba membuat kalian fokus terlebih dahulu terhadap konten yang anda buat ketimbang melakukan optimasi yang tidak didukung dengan raja dari blog kalian sendiri.

Konten adalah Raja

Apapun yang terjadi, selalu anggaplah konten merupakan raja kalian. Tanpa raja, kerajaan tidak akan berjalan dengan baik bahkan bisa hancur. Begitu juga blog, apa yang akan terjadi jika tidak ada konten

Blog akan hancur alias tidak akan mampu berkembang dan maju. Mereka perlu sebuah pondasi yang kuat, untuk itulah konten dibutuhkan.

Lalu, apa yang perlu kita lakukan setelah berhasil merubah persepsi konten sebagai raja? tentunya kita akan membuat konten dong. Sebelum itu, mari kita lakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

#2 Riset Kata Kunci / Keyword

Tentukan apa yang akan kita tulis. Konten bukan cuma tulisan, tetapi konten juga memerlukan kualitas lebih untuk menopang beban. 

Untuk menjadi halaman 1 google, tentu kita tidak akan asal-asalan dalam membuat artikel tersebut. Kita memerlukan judul artikel yang benar-benar bisa membawa pengunjung secara murni atau orisinal menuju blog kita.

Salah satunya adalah dengan meriset kata kunci dengan teliti dan cerdas. Disini, kita akan memanfaatkan Google Trend untuk meriset keyword tersebut.


Kenapa Google Trend? menurut opini saya pribadi, google trend sangatlah efektif daripada secara manual ataupun menggunakan periset lainnya.

Cara kerjanya, disini kita hanya akan memasukan kata kunci secara singkat dan jelas, kemudian akan diberikan grafik bagaimana perkembangan popularitas kata kunci tersebut. 

Bahkan secara yang bersamaan, kita bisa melihat perkembangan 2 kata kunci sekaligus tanpa harus berbelit-belit seperti memuat ulang atau seperti langkah kedua yang merepotkan.


Mencari artikel berjangka panjang sangatlah disarankan disini. Kita bisa melihat artikel seperti itu dengan melihat grafik yang stabil. Maksudnya, artikel tersebut tetap memberikan kalian pengunjung konstan dalam waktu yang lama.

Bahkan kalian bisa mendapatkan kata kunci lain yang bisa dispesifikan lagi menuju persaingan yang lebih rendah tapi banyak dicari orang. 


Maksudnya, semisal kita akan membuat kata kunci " daftar manga overpower ", kata kunci  tersebut memiliki persaingan yang rendah dalam pencarian google, tetapi dicari banyak orang. Oleh karena itu, ada beberapa hal kenapa keyword persaingan rendah dianjurkan :

  • Halaman pertama google akan sangat lebih mudah didapatkan
  • Besar presentase kemungkinan utuk terhindar dari AGC ( Auto Generated Content ). Kenapa? karena rata-rata situs AGC secara otomatis mengincar kata kunci populer tetapi tidak dapat menjangkau dengan keyword yang persaingannya rendah
  • Lebih mudah mendapatkan pengunjung

#3 Mulai Menciptakan Konten yang Berkualitas

Masih ingat dengan sentimen saya tentang " Content is King "?, maka sekarang kita akan menciptakan raja yang mampu membawa kerajaan ( blog ) kalian menuju kemakmuran dan maju.

Tapi kita juga memerlukan raja yang berkualitas dong tentunya.

Banyak para mereka yang memulai menulis di blog, hanya akan mementingkan kuantitas mereka padahal...

Kualitas adalah yang utama

Coba kalian bayangkan terdapat tumpukan sampah dan tumpukan buku, mana yang akan kalian pilih? mana yang lebih enak dilihat, mana yang sangat membuat kalian nyaman? tumpukan buku? benar begitu bukan?

Hal tersebut juga berlaku pada blog kita.

Daripada membuat kumpulan artikel yang terkesan sampah karena tidak memberikan kualitas dan informasi yang relavan dan justru tidak berguna, lebih baik kalian memperbaiki kualitas terlebih dahulu untuk memberikan informasi yang audien inginkan.

Jadi, mari kita belajar membuat artikel yang baik dan benar bersama-sama.

Pertama, mari kita manipulasi Judul, Sub Judul, dan Permalink yang ada pada konten.


Nah, bisa dibilang ini seperti optimasi SEO On Page yang sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan. Bahkan kalian bisa menembak dan mengincar pengunjung hanya dengan menggunakan cara ini saja.

Misalkan judul artikel yang akan ditulis adalah Cara Optimasi Blog dengan Benar. Kalian bisa sedikit mengubahnya dengan kata kunci yang berbeda pada sub judul seperti menjadi Tips Mengoptimalkan Blog dengan Tepat kemudian pada permalink kalian bisa mencustom'nya menjadi tahap.optimasi.blog.html atau yang lainnya.

Dengan seperti itu misalnya, kalian bisa mendapatkan pengunjung yang mencari informasi serupa tetapi dengan kata kunci penelusuran yang berbeda.

Tetapi perlu diingat pula, judul, sub judul dan permalink tidak boleh melenceng berjauhan dan justru harus saling berkaitan.

Setelah itu, kalian lanjutlah menulis deskripsi singkat atau definisi pada artikel kalian. Tidak perlu tergesa-gesa, biasakanlan dengan urutan yang benar. Sub judul > deskripsi singkat > latar belakang > mekanisme > urgensi > isi > kesimpulan.

Sub judul sudah dijelaskan diatas, sepertinya kalian sudah paham

Untuk deskripsi singkat, kalian isi saja dengan definisi atau pengertian singkat dari artikel yang kalian buat. Misalkan artikelnya berisikan tentang game, maka berikan paparan yang jelas apa itu game, dan seperti apa game yang akan dibahas.

Latar belakang berisikan landasan, dasar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada audien tentang apa yang ingin kita berikan atau sampaikan kepada mereka.

Mekanisme sendiri bukan hal yang berkaitan dengan mesin atau yang lainnya. Mekanisme disini adalah upaya yang dibuat untuk memanipulasi keinginan audien untuk segera menyesuaikan dengan artikel yang kita buat dan membacanya hingga akhir.

Bisa dibilang isi dari mekanisme ini adalah untuk membuat pengunjung percaya apa yang kita tulis dan segera ingin mengetahui lebih lanjut tentang kelanjutan konten.

Urgensi merupakan tindak lanjut dari mekanisme yang sudah kita buat. Setelah audien merasa ingin tau tentang kelanjutan konten, kita berikan dorongan yang lebih yang membuat audien ingin segera menindak lanjuti rasa ingin tau mereka.

Misalnya, " ... berbeda dengan backlink, optimasi SEO On Page pada website sangat diperlukan untuk permulaan situs, jadi, apa yang kalian tunggu? simak saja beberapa optimasi yang akan dipaparkan berikut ... "

Setelah itu, kalian tinggal berikan isi yang relavan dan tidak lupa memberikan kesimpulan dari keseluruhan tulisan yang kalian tulis.

Sekarang, pastikan artikel kalian memenuhi kriteria yang menurut saya bisa dianggap sebagai standar kualitas.

A. Sesuai Topik

Akan sangat disayangkan kalian menulis panjang-panjang tapi ternyata artikel yang kalian tulis out of the topic atau keluar dari bahasan. Kalian tidak akan bisa mencapai halaman satu google dengan konten yang diluar topik.

Google sudah lebih canggih. Algoritma'nya pun semakin canggih yang memungkinkan kita untuk lebih berfokus pada kualitas konten. Baca : Algoritma Baru Broad Core

Misalkan judul artikel tentang daftar smartphone terbaru, maka berikanlah isi yang sesuai dengan judul tersebut, jangan malah kalian berikan daftar yang berbeda atau melenceng, hal tersebut tentu akan membuat audien merasa tidak nyaman dan merendahkan bounce rate ( perbandingan jumlah pengunjung dan lama waktu berada di blog ) pada blog kalian.

B. Orisinal dan Unik

Dengan memadukan kedua poin ini, artikel kalian akan sangat disukai oleh algoritma google yang sekarang dan tidak ada kemungkinan untuk tidak menjadi halaman pertama. Orisinal berarti asli dan murni buatan kalian sendiri. 

Walaupun buatan sendiri, maksudnya artikel dibuat tanpa adanya copy paste dan pastinya mendapatkan ide dari beberapa sumber tidak dipermasalahkan asalkan tetap menjaga orisinalitas itu sendiri.

Unik berati beda dengan yang lain. Berikan ciri khas diri kalian yang tidak dimiliki oleh pemilik situs lainnya seperti dengan gaya bahasa yang santai dan tidak diberlebih-lebihkan. Keunikan inilah yang akan membuat pengunjung betah di blog kalian dalam kurun waktu lama.

C. Panjang Artikel

Silahkan kalian mau percaya atau tidak. Tapi pada kenyataannya, halaman pertama selalu didominasi oleh konten dengan artikel yang panjang alias memiliki jumlah kata yang banyak. Kalian bisa membuat standar kalian sendiri untuk hal ini.

Jika ingin mengikuti standar saya, disarankan untuk setiap artikel yang kalian tulis, usahakan jumlah kata diatas 500. Selain mampu memberikan informasi yang relavan, mesin google juga akan lebih merayapi isi dari konten kalian.

4 poin yang sangat menjadi persektif pokok bagaimana kita menilai kualitas konten.

Tapi, ada juga orang yang mengatakan yang katanya " optimasi ", yang padahal, tidak akan berpengaruh atau mungkin akan berdampak buruk untuk blog kalian sendiri. Nah, inilah beberapa hal yang sebenarnya wajib kalian hindari pula :

  • Penggunaan format bold/italic/underline pada kata kunci
  • Keyword stuffing pada konten yang dibuat dan heading ( H1, H2, H3 ... )
  • Penggunaan kata yang tidak efisien yang sebenarnya mengarah pada keyword stuffing

Keyword stuffing adalah tindakan penggunaan kata kunci yang ditargetkan tetapi dilakukan secara berlebihan dengan cara tidak wajar di dalam halaman website ( seperti pengulangan kata atau penggunaan kata tidak efisien tadi )

Dengan melakukan optimasi konten kalian menjadi lebih berkualitas, secara bertahap kalian akan berhasil nangkring di halaman satu google. Tidak percaya?


Bahkan dengan kata kunci singkat yang pada konten saya sangat sedikit kata " manga ", blog ini berhasil menuju halaman satu google dengan hasil penelusuran yang sangat banyak alias persaingan banyak. Jadi, tidak ada ketidakmungkinan untuk tetap melesat menuju halaman 1, bahkan dengan persaingan yang tinggi.

Ada pula dengan kata kunci populer tetapi dengan persaingan rendah.


Bukankah secara otorasi blog ( PA dan DA ) saya kalah jauh dengan kaskus dan japanesestation? Jadi kalian tidak perlu berkecil hati misalkan otoritas blog kalian masih kecil karena pada dasarnya, kualitas konten itu tetap menjadi acuan utama dan senjata yang ampuh.

Lalu setelah membuat konten yang berkualitas, ada satu lagi yang bisa menjadi " pendorong " atau bisa dianalogikan sebagai pendukung untuk membuat situs kalian lebih gahar di pencarian google.

Benar, kalian pasti sudah tau apa yang dimaksud.

#4 Mulai Mengoptimasi SEO


Duo support yang benar-benar tidak bisa diremehkan apabila hasilnya sudah terlihat. SEO Off Page dan Seo On Page.

Off Page berarti optimasi sebuah website yang dilakukan diluar dari blog itu serta menggunakan bantuan dari pihak luar pula.

On Page sendiri optimasi sebuah website yang dilakukan pada website itu sendiri tanpa menggunakan bantuan pihak luar.

Ada banyak sekali optimasi SEO yang bisa kalian lakukan, tetapi ada beberapa saja yang " sangat " berpengaruh pada blog kalian. 

Untuk SEO On Page sendiri, ada 2 poin krusial. Yaitu template blog dan kualitas konten. Karena kualitas konten sudah kita bahas sebelumnya, maka kita akan bahas template saja.

Template blog, apa sih yang terlintas dipikiran kalian ketika mendengar hal tersebut? desain tampilan sebuah blog? 

Tapi, apakah dengan tampilan saja blog akan bisa dikatakan bagus, entah di mata pengunjung maupun google, tidak bukan?

Template blog bukan hanya sekedar tampilan.

Itulah yang saya percaya. Tampilan hanya 25 % saja untuk dijadikan acuan sebuah situs akan terlihat bagus dan bahkan itupun dari persepsi kalian sendiri.

Ada 3 poin menurut saya yang sebenarnya perlu kalian perhatikan dan melupakan sejenak tentang tampilan.

A. Mobile Friendly

Apakah kalian tahu semenjak tahun 2015, jumlah pengguna smartphone meningkat dengan drastis. Hal tersebut juga membuat google merilis algoritma yang bernama mobilegeddon guna pemiliki website sadar untuk kebutuhan smartphone dalam menyuguhkan konten.

Research by Perficent Digital

Kompabilitas terhadap smartphone sangatlah diperlukan disini. Kompabilitas disini bisa kita dapatkan dengan menggunakan template responsive yang artinya mampu menyesuaikan dengan segala perangkat lunak yang digunakan.

Apakah template ada pengaruhnya terhadap posisi pencarian? tentu ada. Hal tersebut dibuktikkan dengan adanya peningkatan ataupun penurunan ketika kita mengganti template. Apa yang sebenarnya terjadi, kenapa bisa terjadi perubahan trafik?

Jawabannya karena posisi serp yang berubah pula. Trafik yang meningkat disebabkan karena peningkatan blog kita pada posisi serp, begitu juga sebaliknya. Trafik akan mengalami penurunan karena posisi serp kita sedang turun.

B. Kecepatan Blog

Anda malas ketika membuka situs yang berat dan loading yang lama. Saya pun juga begitu. Apalagi ketika koneksi internet yang tidak memadai, blog yang berat tidak akan sulit mendapatkan pengunjung baru.

Kenapa bisa begitu? 

Misalkan saya ada pengunjung yang secara tidak sengaja melihat blog kalian di halaman google kemudian membukanya. Tapi ketika itu, loading blog kalian sangat lambat, apa yang terjadi? mereka akan kabur dan membuka situs lain.

Lama-kelamaan, google pun akan segera menyadari hal ini ketika dalam perayapan. Oleh karena itu, banyak blog berat yang mengalami penurunan peringkat ketika tidak segera memperbaikinya.

Google pun menyarankan menggunakan projek AMP untuk pemaksimalan kecepatan pada smartphone dan desktop dalam waktu bersamana.

C. Menyuguhkan Kenyamanan

Apa tujuan kita membuat blog? mencari pundi rupiah secara online? lalu apa yang dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut? tentunya kita sangat memerlukan pengunjung untuk mendapatkannya.

Lalu apa yang terjadi ketika pengunjung justru tidak nyaman dengan blog kita sendiri. Mereka akan kabut, tidak betah, dan pengunjung pun akan turun.

Yang perlu kita lakukan adalah mendesain blog sebersih dan senyaman mungkin. Iklan berjenis pop up sangatlah tidak disarankan. Selain mengganggu, konten juga biasanya akan terhalang dan tentu membuat citra blog terlihat jelek.

Menyuguhkan kenyamanan akan menggaet pengunjung baru untuk menjadi pengunjung tetap dan secara bertahap, google akan segera menjadikan blog kalian prioritas pada halaman pencarian daripada blog dengan struktur berantakan dan tidak ada nilai kenyamanan sama sekali.

Apa yang kita lakukan setelah berhasil mengoptimasi template?

Setelah berhasil mengoptimasi template, apa yang akan dilakukan selanjutnya? kalian bisa memperbarui konten berkualitas seperti biasanya atau menerapkan salah satu teknik optimasi SEO Off Page.

Benar sekali, SEO Off Page merupakan salah satu optimasi yang cukup merepotkan untuk dilakukan tetapi mampu memberikan dampak yang cukup besar ketika berhasil. Salah satunya adalah backlink.

Saya pernah membeli ebook bernama vulkanik backlink yang pada saat awal perilisannya, harganya adalah 100 ribu. Semua tips yang dipaparkan adalah bagaimana kita mencari backlink secara manual.

Memang tidak ada salahnya kita mencari backlink secara manual, tetapi tidak dengan melakukan spam. Itulah kenapa backlink yang sebenarnya memiliki manfaat besar justru bisa menjadi bumerang untuk blog kalian sendiri.

Sebenarnya, backlink yang baik itu adalah backlink yang secara asli kita dapatkan karena konten kita yang berkualitas. Maksudnya, para pemiliki situs lain akan menjadikan blog kita sebagai sumber artikel mereka dan sebagai bentuk penghormatan, mereka akan memberikan tautan menuju blog kita dari konten yang mereka tulis.

Jika kalian sudah mengalaminya, maka kalian benar-benar memiliki backlink yang sangat berkualitas. Guest blog juga mungkin akan sedikit membantu, tetapi tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Selain berdampak buruk pada blog karena akan terkesan mencari backlink yang berlebihan, bukankah lebih baik pula konten yang ditulis pada guest blog untuk dijadikan konten blog kalian sendiri? Dengan begitu, kalian bisa menciptakan guest blog kalian sendiri.

Jadi, bisa kita simpulkan,

Untuk menjadi halaman satu google, proses secara bertahap adalah satu hal penting. Kita semua percaya bahwa semuanya tidak ada yang instan. Singkatnya, berikut adalah tahapan yang kalian perlu lakukan untuk menjadi halaman satu google :

Pertama, lupakan semua tentang optimasi untuk sementara waktu karena optimasi adalah faktor pelengkap atau pendukung seperti yang sudah saya katakan tadi.

Kedua, riset kata kunci, bisa menggunakan google trend sesuai saran saya. Setelah itu, carilah artikel populer berjangka panjang dengan tingkat persaingan yang rendah.

Ketiga, buatlah konten yang berkualitas. kualitas sendiri menurut saya intinya adalah orisinal, unik, panjang, dan tentunya tidak melenceng dari topik bahasan.

Keempat, lakukan optimasi pada template blog. Template yang baik tidak hanya bagus dalam tampilan, tetapi juga mampu beradaptasi pada algoritma apapun. Termasuk mobilegeddon yang mengharuskan template responsive untuk semua perangkat lunak khususnya smartphone.

Kelima, carilah backlink berkualitas yang murni dari hasil kerja kalian sendiri seperti membuat konten yang berkualitas dan memperbarui konten sesuai jaman ( tidak out of date ).

Dengan menerapkan kelima langkah tersebut, menjadi halaman satu google bukan lagi hal yang tidak mungkin bahkan dalam tingkat persaingan apapun.


Lihatlah saingan saya diatas, benar-benar sulit untuk dikalahkan, bahkan hampir seperti tidak ada celah. Tapi dengan menerapkan 5 tahapan tadi, saya secara perlahan bisa mencapai halaman satu google dan sejajar dengan mereka bahkan dengan kata kunci yang sedikit melenceng.


Bahkan tidak hanya masuk page one, setelah beberapa hari penerapan, artikel saya masuk dalam featured pada mesin pencarian google. Benar-benar hasil nyata yang tidak bisa diremehkan bukan sobat? hehe.

Itulah beberapa saran yang bisa saya berikan, mungkin cukup sekian dan terima kasih.