Tips Penting Buat Kalian Sebelum Membeli Domain dan Hosting


Tips Penting Sebelum Membeli Domain dan Hosting - Ya, ketika seseorang ingin memiliki sebuah website, mungkin untuk beberapa alasan akan menggunakan berbagai domain dan hosting berbayar untuk urusan proffesionalitas dan yang lainnya.

Salah satu manfaat domain dan hosting juga tidak hanya untuk proffesionalitas, tetapi sebagai identitas atau ciri karateristik dari sebuah website itu sendiri.

Sebelum itu, memangnya apa itu Domain?

Domain sendiri adalah nama unik yang diberikan untuk mengenali server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Hal ini bertujuan agar website atau aplikasi yang dibuat lebih mudah untuk diakses oleh para calon pengunjung.

Lantas, apa itu Hosting?

Berbeda dengan domain, hosting adalah sebuah jasa atau layananan penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet. Data yang ditampung juga mencakup semuanya, bahkan file berbau virus pun dapat ditampung oleh hosting yang kalian sewa.

Tips Membeli Domain dan Hosting

Nah, setelah kalian mengetahui pengertian dari masing-masing domain dan hosting, sudah siap pastinya dong untuk membeli keduanya? 

Tapi sebelum itu, tidak asal beli lalu pasang, sebenarnya ada beberapa tahapan yang perlu kalian terapkan ketika ingin membeli domain dan hosting. Hal ini tentunya untuk kebaikan masa depan situs kalian pastinya.

Lalu, apa saja sih tips yang perlu diperhatikan? berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar dalam kedepannya tidak ada kendala internal maupun eksternal :

1. Cari Layanan Domain dan Hosting yang Berkualitas

Kalau yang ini sudah harus kalian pastikan ya. Banyak para pemula alias yang baru memulai membuat sebuah website tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh para penjual domain dan hosting di sosial media padahal tidak ada garansi resminya kecuali dari sang penjual itu sendiri.

Pengalaman saya pernah membeli sebuah domain ekstensi .com di sebuah penjual yang berpromosi di grup facebook dengan harga yang tidak lebih dari 50 ribu. Ketika masa domain habis, si seller tidak bisa memperpanjang dengan alasan lupa password admin control yang mana hal tersebut adalah sebuah kesalahan fatal.

Jadi, gunakan saja jasa layanan domain dan hosting yang sudah benar-benar terpercaya dan berkualitas dengan memlihat review atau nilai yang para pembeli berikan. Dan yang jelas, pastikan layanan tersebut sudah terdaftar di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

2. Tentukan Nama Domain Terbaik Kamu

Yang ini adalah langkah selanjutnya yang tidak boleh kalian acuhkan juga. Bagaimana tidak, nama domain kan menjadi identitas krusial situs kalian? Nah, kalian harus benar-benar memikirkan yang bakalan bisa menjadi ciri khas situs kalian tersebut.

Ada satu poin yang jangan sampai kalian lakukan pada tips nomor 2 ini.

Jangan pernah untuk menggunakan nama domain yang panjang, jangan pernah. Kenapa? karena selain terkesan tidak proffesionalitas, tetapi juga membuat situs kita sulit untuk diingat oleh para pengunjung dan justru berdampak ada visitor itu sendiri.

Misalnya situs kalian tentang jasa desain, maka..

  • Contoh penggunaan domain yang tidak efisien : jasadesainpalingajaib,com
  • Contoh penggunaan domain yang efisien : desainajib,com

Jadi, efisiensi disini sangat direkomendasikan untuk penggunaan nama domain situs dalam jangka waktu yang panjang.

3. Pilih Hosting Terbaik

Jika yang ingin kalian build adalah hanya sebatas sebuah blog personal atau sejenisnya, mungkin hosting tidak akan diperlukan.

Tapi berbeda jika yang ingin kalian bangun adalah situs yang berisi banyak file. Kehadiran hosting akan sangat diperlukan untuk menutupi semua kebutuhan file tersebut.

Tapi...

Kita tentu perlu memilih sebuah hosting yang memang benar-benar memberikan kualitas dalam pelayanannya. Tapi, banyak yang tidak tahu seperti apa hosting berkualitas tersebut. Jadi, berikut adalah ciri-ciri hosting berkualitas :

A. Reliabilitas Server

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah daya operasi yang 24 jam penuh selama seminggu. Anda memerlukan web hosting yang mampu beroperasi pada server yang kuat dan koneksi jaringan yang stabil. 99,5% dan di atas'nya adalah skor uptime yang disarankan. 

Web hosting apapun di bawah 99% skornya tentu akan memberikan dampak yang buruk pada stabilitas dan tentunya tidak bisa kalian gunakan.

B. Fitur yang Mumpuni

Hosting yang baik tentu juga memiliki fitur yang banyak dong. Tidak hanya menyediakan stabilitas, tetapi juga menyediakan beragam tambahan untuk menjadikan situs yang kalian bangun lebih berkualitas, seperti :

  • Pilihan upgrade server yang tepat
  • Banyaknya jumlah domain yang bisa ditaruh dalam satu akun
  • Harga pertama dan harga lanjutan
  • Memberikan dukungan refund
  • Penggunaan kontrol panel yang mudah
  • Dan tentunya memberikan backup situs ketika situs sedang crash karena ulah hacker

Jadi, pilihlah hosting yang benar-benar tepat dan pastikan kalian untuk tidak salah pilih, salah pilih satu kali saja akan sangat berdampak dalam jangka panjang.

4. Persiapkan Langkah Berikutnya

Apa yang akan kalian lakukan setelah membeli domain dan hosting? jangan sampai kalian sudah mempersiapkan semuana tapi malah bengong karena tidak tau apa yang harus dilakukan.

Jika kalian ingin membangun sebuah website, lakukanlah, apa yang akan kalian isi dengan website tersebut adalah langkah berikutnya.

Misalkan kalian membangun sebuah situs blog, maka langkah selanjutnya tentu adalah menjadikan blog tersebut lebih elegan dan membuat artikel yang berkualitas agar tampil di google. 


Jadi, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk anda sebelum membeli sebuah domain dan hosting, semoga bermanfaat ya.

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, apabila terdapat kesalahan kata atau penulisan, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: