Daftar Tingkatan Versi OS Android dari Terendah Sampai Tertinggi


Daftar Tingkatan Versi Android dari Terendah Sampai Tertinggi - Android, sebuah sistem operasi untuk smartphone yang paling banyak digunakan saat ini. Tidak terasa pula, umur android ini hampir seumuran dengan saya sejak ditemukannya pada tahun 2003 silam.

Memang benar kita sudah mengenal menggunakan android dalam kurun waktu yang tidak sedikit. Tetapi, tidak banyak diantara kalian yang tau bahwa usia android ini sebenarnya sudah hampir 17 tahun yang berawal dari tahun 2003, jauh sebelum android ini diakui oleh perusahaan raksasa google.

Sejarah Singkat Android

Pada awal kemunculannya, android hanyalah sebuah startup kecil sederhana yang awalnya bernama Android Incorporation dengan 4 pendiri muda di Palo Alto, California, Amerika. Salah satu pendiri muda itu bernama Andy Rubin yang sekarang mencoba merilis smartphone underrated tetapi canggih bernama Essential Phone. Bahkan dia juga pernah menawarkan kamera digital untuk menggunakan sistem operasi android di tahun 2004.

Kemudian keadaan berubah ketika perusahaan raksasa google mulai melirik android pada tahun 2005. Di google inilah android mulai dikembangkan. Kemudian pada tahun 2007 dimana sejarah terjadi yaitu ketika ponsel pintar pertama mulai dirilis, iphone generasi pertama yang merupakan evolusi dari apple itu mengubah persektif terhadap smartphone.

Merasa tertantang dengan perilisan iphone, google pun membentuk kelompok atau aliansi dengan beranggotakan perusahaan besar. Diantaranya adalah Motorola, Qualcom, dan operator setempat yaitu Tmobile.

Merancang smartphone dengan tujuan bersaing dengan apple, google membuat sebuah fenomena besar dengan smartphone pertamanya yang bernama HTC Dreams. Ponsel tersebut berlayar 3,2 inci yang dibekali android 1.0 dengan fitur yang inovatif dan unik. Pada android pertama mereka tersebut, sudah mendukung adanya Google Maps, HTML Browser dan Android Market yang sekarang kita kenal dengan Play Store.

Urutan OS Android

Setelah kalian mengetahui sejarah singkat tentang android, mungkin kalian juga pengen tau alias kepo dong urutan versi android dari debut pertamanya hingga menjadi seperti saat ini? nah tanpa basa-basi lagi kuy, berikut adalah daftar urutannya :

1. Android 1.5 ( Cupcake )

Android yang dikenal dengan Cupcake ini dirilis pada tahun 2009, 1 tahun setelah adiknya yaitu android 1.0 dirilis. Nama Cupcake menjadi tanggung jawab Rayn Gibson dengan alasan bahwa produk yang diciptakan Google itu manis sehingga mereka menamakan nama versi android dengan nama makanan penutup yang memiliki rasa manis.

2. Android 1.6 ( Donut )

Walaupun baru beberapa bulan perilisan Android Cupcake, google kembali merilis android versi baru 1.6 atau bisa disebut dengan Android Donut. Beberapa fitur baru juga ditambahkan pada perilisannya kali ini.

Fitur yang dimaksud antara lain adalah dukungan jaringan CDMA, Quick Searh Box dari Google beserta kompabilitas terhadap widget yang pertama kali diperkenalkan pada Android Donut ini sehingga interface akan lebih menarik.

3. Android 2.0 ( EClair )

Duh, duh, ini google sangat bersemangat sekali dalam mengembangkan project androidnya ini. Sebulan setelah perilisan Android Donut, Google kembali merilis Android versi terbarunya yaitu Android 2.0 ( EClair ). 

Pada versi kali ini, banyak pembaharuan yang diberikan oleh Google seperti speech, live wallpaper, multiple account hingga Google Maps Navigation.

Motorola Droid yang dijual secara eklusif adalah smartphone yang pertama kali dirilis yang mendapatkan dan menggunakan Android 2.0.

4. Android 2.2 ( Froyo )

Android versi 2.2 kemudian dirilis oleh Google pada tahun 2010, tepat dengan rilisnya smartphone milik Google yang bernama Nexus One. Smartphone Nexus One inilah yang pertama kali pula menggunakan Android Froyo. 

Apa yang baru dari Android Froyo ini adalah seperti mendukung Adobe Flash dan sudah bisa digunakan untuk wifi portable alias hotspot. Tidak perlu dilupakan pula, perancang dari Nexux One ini adalah HTC.

5. Android 2.3 ( GingerBread )

Ketika android 2.3 alias GingerBread dirilis, Google secara bersamaan juga merilis versi terbaru dari smartphone Google sebelumnya ( Nexus One) yaitu Nexus S. Mereka kali ini bekerja bersama Samsung untuk pengembangan pembaharuan baru yaitu untuk pendukungan Video Call menggunakan aplikasi Google Talk.

6. Android 3.0 ( HoneyComb )

Pada tahun 2011, android kembali menghadirkan versi terbaru dari android yaitu Android 3.0 dengan nama HoneyComb. Versi android ini sayangnya hanya dikhususkan untuk device yang berukuran besar atau lebih sering kita kenal dengan sebutan Tablet. Ada pula tablet yang pertama kali menjajal android 3.0 adalah Motorola Xoom.

7. Android 4.0 ( Ice Cream Sandwich )

Nah, pada tahun yang sama yaitu 2011, Google kembali merilis versi terbaru dari Android yaitu Android versi 4.0 dengan nama Ice Cream Sandwich. Benar-benar nama yang bikin ngiler yah. Bersamaan dengan perilisan Android 4.0 ini, Google juga menghadirkan versi terbaru dari Nexus yaitu Samsung Galaxy Nexus yamg merupakan hasil kerja sama dengan Nexus. Pembaruan menarik dari versi ini adalah adanya Face Unlock.

8. Android 4.1 ( Jelly Bean )

1 tahun berselang dengan bertahan menggunakan Android 4.0, akhirnya Google merilis versi Android 4.1 yang bernama Jelly Bean. Nama Jelly Bean sendiri bertahan hingga versi 4.3 yang artinya bertahan cukup lama. Pada versi ini, touch screen akan terasa lebih responsif yang tidak lupa adanya Google Now yang pertama kali diperkenalkan.

9. Android 4.4 ( Kitkat )

Nah, kalo Android versi 4.4 ini dikenal stabil di masanya yaitu pada tahun 2013. Android ini bernama Kitkat yang memberikan banyak sekali pembaruan. Antara lain adalah peningkatan dari Google Now yang bisa menggunakan pencarian melalui suara atau fitur speech.

Fitur musik yang ditambahkan juga memungkinkan kita untuk melihat album dengan layar penuh walaupun ketika smartphone dalam keadaan terkunci, kita masih bisa tetap mendengarkan musik, menjeda dan mencari momen terbaik yang ada.

Kinerja yang lebih optimal, touch screen lebih responsif serta multitasking yang sedikit mulai bekerja baik membuat Android Kitkat banyak digunakan pada tahun 2013.

10. Android 5.0+ ( Lolipop )

1 tahun setelah Android Kitkat merajai pasaran, Google pun merilis versi terbarunya pada tahun 2014 yaitu Android Versi 5.0 atau lebih dikenal Lolipop. Pada android ini, Google memperkenalkan fitur barunya yaitu Mode Baterai Server atau penghemat daya serta adanya pengingat waktu untuk kapan harus mengisi daya dan berhenti.

Tidak hanya itu, versi android 5.0 juga menghadirkan fitur bernama Smart Lock yang biasanya sudah disertai face unlock dan beberapa cara pengamanan lainnya. Fitur ini sangat berguna untuk kalian yang sangat protektif atau khawatir akan kehilangan smartphone.

11. Android 6.0+ ( Marshmellow )

Secara garis besar, fitur yang sangat menonjol dari android 6.0 adalah dengan diperkenalkannya fitur sidik jari yang sangat efisien untuk membuka kunci. Fitur yang sama dengan Android 5.0 juga masih ada, bedanya, di Android 6.0, fiturnya lebih di improvisasi sehingga menjadi lebih optimal ketimbang sebelumnya.

12. Android 7.0+ ( Nougat )

Android versi 7.0 ini dirilis oleh perusahaan raksasa Google pada 22 Agustus tahun 2016 dengan berbekal banyak fitur baru. Diantaranya adalah kemampuan menampilkan kalibrasi warna, zoom layar yang lebih baik, kemudian fitur double apps atau aplikasi ganda yang sangat menguntungkan.

Versi android ini sendiri bertahan hingga 3 tahap yaitu versi 7.1, 7.1.1, dan yang terakhir adalah versi 7.1.2 yang memberikan pengoptimalan pada fitur sebelumnya seperti kinerja sidik jari yang lebih responsif, konektivitas bluetooth yang terbaiki serta penggunaan multitasking yang lebih efisien.

13. Android 8.0 ( Oreo )

Google kembali melakukan update besar-besaran pada rilisan terbarunya yaitu Android 8.0 atau dikenal dengan nama Oreo yang dirilis pada 24 Juli 2017 dan versi stabilnya pada bulan Agustus hingga September. Banyak fitur canggih yang benar dibawa google kali ini.

Fitur tersebut salah satunya adalah Apl Pengaturan yang didesain ulang, Saluran pemberitahuan, Unicode 10.0 emoji, dan mendesain ulang semua aplikasi bawaan google seperti nota pemberitahuan dan yang lainnya.

14. Android 9.0 ( Pie )

Kembali menyempurnakan versi sebelumnya ( Oreo ), Android 9.0 atau dikenal Pie dihadirkan dengan mambawa User Interface yang lebih berwarna. Tidak hanya itu, Android Pie juga menghadirkan fitur yang akan sangat membantu di malam hari. Benar, fitur itu adalah Mode Gelap.

Masih banyak fitur lain yang diberikan oleh versi kali ini loh, bisa dibilang android 9.0 adalah versi android terbaik saat ini yang banyak digunakan oleh smartphone masa kini alias jaman now yang cocok untuk para peminat gadget

Upcoming : Android Q

Hoho, masih belum banyak informasi mengenai update Android Q bahkan namanya saja belum ketahuan. Tapi katanya nih, Android Q akan membuat pengguna IOS gigit jari, apakah benar begitu? Mungkin bisa dibilang iya atau tidak karena selama ini, Android dan IOS terus bersaing dan memberikan banyak inovasi baru yang sama-sama berbeda.

Nah, salah satu fitur yang katanya diberikan di Android Q nanti adalah adanya 5G, dan Mode Dekstop. 

Dengan adanya jaringan 5G ini, dijamin internet kalian bakal merasakan ngebutnya Moto GP ( cuma majas ) yang tidak akan takut lagi adanya lagging. Tapi sayangnya, sudah biasa jika fitur canggih seperti ini akan sia-sia di Indonesia karena kompabilitas jaringan yang tidak sesuai.

Tapi tenang, pasti Indonesia akan tetap kebagian kok. Jadi, itulah beberapa tingkatan android dari yang bawah hingga teratas. sangat bermacam bukan?

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: