Penyebab, dan Cara Mengatasi NSIS Error pada Instalasi Software


Penyebab, dan Cara Mengatasi NSIS Error pada Instalasi Software - Sebuah masalah yang sebenarnya cukup merepotkan. Kenapa? karena setiap kita akan menginstal aplikasi, pasti terhalang dengan adanya error seperti ini dan membuat kita tidak bisa memasangnya.

Saya sendiri pernah mengalami masalah seperti ini pada tahun 2015 dan apa yang didampakkan benar-benar sangat merepotkan.

Sebelumnya, apa itu NSIS? 

Nullsoft Scriptable Install System adalah sistem instalasi skrip-driven untuk Microsoft Windows dengan minimal overhead yang didukung oleh Nullsoft, pencipta Winamp, - Wikipedia.

Bisa dibilang, NSIS itu seperti script pada windows yang memungkinkan kita untuk bisa menginstal sebuah software. Nah, jika terdapat masalah NSIS ini, sudah jelas kita tidak akan bisa menginstal beberapa aplikasi yang tidak didukung.

Lalu, apa penyebab NSIS Error?

Ada beberapa penyebab yang menurut saya menjadi penyebab primer kenapa masalah seperti ini bisa terjadi. Diantaranya adalah :

  • Aplikasi yang diunduh tidak lengkap atau korup
  • Aplikasi yang anda unduh sudah mendapat modifikasi dari versi aslinya ( sudah tidak asli )
  • Komputer atau laptop yang mungkin terinfeksi virus
  • Installer aplikasi yang rusak
  • Provider yang bermasalah

Lalu, apa yang perlu kita lakukan sekarang?  saya percaya kalian bukan orang yang mudah menerima keadaan sehingga kalian membuka artikel ini.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa mengakali adanya NSIS error ini. Walaupun presentase berhasil dan gagal berbanding 50%, tetapi tidak ada salahnya bukan? Mau tau bagaimana caranya? simak artikel berikut ini :

1. Buka CMD dengan melalui start menu maupun fitur jalankan pada windows ( Windows + R ).

2. Tarik aplikasi yang mengalami masalah NSIS atau ingin anda instal ke dalam CMD


3. Jika sudah, tambahkan kode /NCRC dibelakang aplikasi diikuti spasi. Misalnya dota2_instal.exe /NCRC


4. Dan selesai, sekarang coba kalian tekan enter dan pastikan aplikasi berhasil diinstal.

Lalu apa yang kita lakukan jika masih gagal?

Tenang saja, masih ada beberapa alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mencoba mengakali masalah NSIS ini.

Pertama, sebelum kalian mengunduh aplikasi yang kalian inginkan, disarankan untuk menggunakan mode incognito atau membersihkan cache terlebih dahulu. Karena terkadang, cache yang menumpuk bisa menjadi buruk karena ibaratkan noda yang bisa mengganggu proses pengunduhan.

Kedua, jika misalnya aplikasi yang kalian unduh terdapat 2 kata atau lebih seperti kamu_jelek.exe ubah menjadi 1 kata saja seperti jelek.exe.

Ketiga, kalian bisa mengunduh aplikasi dari situs resmi'nya atau dari sumber yang terverifikasi seperti googledrive. Selain untuk bebas dari virus dan modifikasi, sumber terpercaya juga akan terbebas dari file korup.

Keempat, cobalah untuk mematikan antivirus ketika mendownload karena bisa saja, ada beberapa komponen pada aplikasi yang sebenarnya bukan virus tetapi terdeteksi sebagai virus sehingga menyebabkan unduhan gagal atau korup.

Kelima, perbarui antivirus dan lakukanlah scan secara menyeluruh pada komputer kalian. Hal ini untuk antisipasi atau penghapusan terhadap virus yang menyebar pada komputer kalian yang menyebabkan NSIS error tersebut.

Keenam, cobalah untuk meletakkan aplikasi diluar folder. Untuk ini, saya belum mengetahui berhasil atau tidak karena saya sendiri mendapatkan tips keenam ini dari situs download gigapurbalinnga.

Ketujuh, ganti provider. Inilah yang sebenarnya menjadi sumber paling berhasil. Entah percaya atau tidak, semenjak tahun 2016 internet saya diupgrade menjadi indihome dari yang tadinya speedy biasa, masalah tersebut hilang dengan sendirinya ketika mengunduh file dan menginstalnya.

Jadi, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi NSIS error, cara paling mujarab tentunya adalah dengan mengganti provider karena bisa aja jaringan kalian yang terkena bajakan, sadapan atau virus,

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: