Tips Jitu Agar Tidur Anda Bisa Nyaman, Tenang, dan Nyenyak


Tips Jitu Agar Tidur Anda Bisa Nyaman dan Tenang - Tidur, benar-benar salah satu kegiatan sebagai pelepas penat yang sangat efektif. Kemudian bermimpi, lalu bangun dan tubuh sedang dalam kondisi prima mengingat penat yang sudah dilepaskan. Ya, memang nyatanya seperti itu bahwa tidur sangat menyenangkan apalagi jika tidur yang kita dapat bisa nyenyak dan nyaman.

Tidur nyenyak dan nyaman memang menjadi idaman bagi semua orang karena dengan hal tersebut, kita serasa tidur dalam ketenangan jiwa yang sangat indah. Ada banyak seseorang mengungkapkan bahwa tidurnya tidak nyenyak, tidak nyaman, sering terbangun dan itu semua memang kelihatannya seperti sebuah gangguan. 

Lalu, apakah ada cara untuk mengakali hal tersebut?, berikut tips agar tidur anda bisa nyenyak :

1. Olahraga Teratur

Para ahli medis mengatakan bahwa kita diharuskan untuk melakukan olahraga secara rutin. Dan tidak kaget, pasti anda juga sudah mendengar saran, rekomendasi terus-menerus seperti ini entah oleh guru, orang tua, atau dokter anda. Tapi, tidak ada salahnya kita bahas lagi karena memang olahraga memiliki banyak manfaat yang sudah sangat umum orang ketahui semua.

Akan tetapi, terdapat manfaat yang mungkin jarang diketahui, benar itu adalah menjadikan tidur anda bisa lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan setelah olahraga, tubuh mengeluarkan banyak energi untuk beraktifitas berat dan alhasil, seseorang akan lelah dan melemah. Reaksi alami pun terjadi, karena kelelahan, mungkin tidur adalah istirahat yang tepat dan terjamin tidur akan nyenyak.

2. Jangan Konsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Nah ini dia, sepele tapi akan sangat berpengaruh dalam kualitas tidur anda. Pastikan sebelum tidur, anda tidak mengkonsumsi makanan dalam takaran yang banyak sehingga sangat disarankan agar memakan makanan ringan saja ketika malam. Dan banyak orang yang sedang melakukan diet dapat mendapatkan tidur yang berkualitas karena jelas, mereka mengurangi makan khususnya ketika akan tidur.

Memang terbukti, dan jika memang tidak mampu mengganjal lapar anda, mungkin mengemil buah-buahan berserat tinggi seperti pisang atau buah naga adalah solusi alternatif yang teramat tepat daripada makanan berat yang menjadikan perut penuh. Hal ini dikarenakan jika perut penuh, kita tidak akan mendapatkan kemaksimalan ketika tidur dan hanya membuat tidur menjadi tidak nyaman dan gelisah.

3. Matikan Lampu

Sangat direkomendasikan untuk semua orang jika akan tidur hendak mematikan lampu terlebih dahulu dan pastikan kamar dalam kondisi gelap. Hal ini juga disarankan oleh banyak ahli medis karena ternyata akan sangat mempengaruhi kualitas tidur kita. 

Tidak hanya itu, efek cahaya juga dapat merangsang hormon tertentu dalam tubuh yang menjadikan metabolisme tidak berjalan dengan lancar. Sehingga jika kita mematikan lampu, metabolisme akan berjalan lancar dan tidur akan menjadi nyenyak.

4. Matikan Komputer dan Tenanglah

Ketika habis melembur, kebanyakan orang akan lelah tetapi akan sulit untuk tidur untuk mereka yang bekerja didepan layar komputer. Jadi, istirahatkan terlebih dahulu komputer dan juga otak anda hingga 30 menit kedepan dan cobalah untuk tidur, niscaya tidur anda akan nyenyak dan berkualitas pastinya. Otak memerlukan rasa rileks begitu juga mata karena ketika didepan komputer, 2 organ tersebut akan sangat lelah.

Memang sulit untuk mematikan komputer karena harus menyiakan waktu untuk browsing, chat, nonton video, game tetapi hal ini terpaksa harus anda lakukan agar mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Hindari begadang karena selain menjadikan kita ngantuk ketika sekolah atau bekerja, begadang juga membuat kita tidak nampak segar terlihat seperti penuaan dini dan kecerdasan otak juga berkurang.

Nah, silahkan aplikasikan beberapa tips simpel diatas di kehidupan sehari-hari anda ketika ingin tidur, semoga bisa terlaksana tidur anda yang nyaman dan nyenyak ya. Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: