Tips Agar Kalian Kuat dan Tuntas Puasanya di Bulan Ramadhan


Tips Agar Puasa Kalian Tuntas di Bulan Ramadhan - Well, bulan puasa alias ramadhan hampir tiba nih, sekitar 1 bulan lagi loh. Apa yang kalian harapkan nanti? apakah kalian bisa menahan hawa nafsu kalian nih? Diusahakan bisa loh ya, di bulan itu, kita harus berlomba - lomba buat cari penebusan dosa kita.

Ah, jadi sok bijak deh ...

Nah, berbicara hawa nafsu, pastinya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mereka yang sedang menjalankannya. 

Salah satu hawa nafsu itu adalah godaan iklan makanan atau makanan nyata yang pastinya terasa sedap ketika kita memandangnya karena alasan perut keroncongan. Bukan begitu? bahkan kita melihat bensin hijau saja kayak lihat sirup melon, haha.

Alhasil, jika kita tergoda oleh bisikan hawa nafsu kita, tentunya puasa kita batal dan tidak tuntas dong, jadi rugi deh. Tidak hanya rugi waktu yang dibuang sia-sia karena kegagalan, tetapi juga rugi bekal kalian di akhirat.

Oleh karena itu, saya disini akan memberikan sedikit tips buat kalian di bulan ramadhan ini, bisa menjaga puasa kalian tuntas full tanpa ada suatu halangan.

Tips Kuat Puasa

Dari sumber laman The Health Site, mengutip penjelasan seorang ahli gizi, Charlotte Debeugny , beliaulah yang memaparkan tips agar badan kita tetap kuat dan segar ketika puasa sehingga bisa tuntas 1 bulan full. Diantaranya adalah :

1. Hindari Makan Berlebihan ketika Berbuka

Yah memang wajar jika kita tergoda memakan makanan dengan jumlah porsi besar karena pada saat itu, perut kita benar-benar kosong dan ingin segera mengenyangkan alias mengisi kembali perut anda tersebut.

Tapi semuanya juga perlu aturan.

Kita tidak bisa langsung memakan makanan dengan jumlah besar tersebut. Kita bisa melakukannya secara perlahan seperti minum dan makan soup untuk mengisi perut yang kaya akan protein, serat atau biji-bijian lainnya.

Tepat setelah terawih, kalian boleh makan makanan berkalori untuk kembali mengenyangkan perut anda. Bukankah seperti itu terdengar lebih enak dan efektif daripada barbar seperti tadi? Ketika berbuka, penting juga untuk menghindari makanan junkfood atau kalori kosong karena berbahaya juga.

2. Banyak Makan Makanan Mengandung Protein dan Serat

Nah, daripada kalian memperbanyak mengkosumsi kalori yang malah bisa menjadi boomerang bagi tubuh kalian juga terlalu banyak mengkonsumsinya, kenapa kalian tidak mencoba makan yang berprotein dan berserat? mereka lebih menyehatkan dan bisa menahan lapar anda hingga waktu berbuka loh.

Tidak percaya?

Ah, mungkin kalian tidak terlalu senang olahraga atau membentuk tubuh jika tidak tau. Protein itu sangat efektif dalam menjaga lapar dan pembentukan otot, begitupun serat. Cobalah untuk sahur dengan lauk sayur + telur, uj dijamin mantab deh, dicoba ya.

3. Almond dan Kurma Sebagai Hidangan Penutup

Perubahan waktu makan dari 3 kali sehari menjadi 2 kali seharu bisa berdampak buruk jika kita tidak menstabilkan kembali kesehatan kita. Metabolisme yang berubah menjadi salah satunya.

Tetapi jika kita bisa mengontrol tubuh kita, puasa justru akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita sendiri. 

Nah puasa meningkatkan keinginan yang tinggi untuk mengkonsumsi makanan tinggi gula dan lemak yang sangat berpengaruh tinggi terhadap kenaikan bobot tubuh kalian.  Jadi, Charlotte Debeugny merekomendasikan kita untuk mengonsumsi beberapa buah kurma atau almond sebagai camilan yang kaya kalori.

4. Jaga Tubuh dari Dehidrasi

Dehidrasi merupakan sebuah ancaman berat terhadap orang yang sedang berpuasa. Jadi, sangat dianjurkan untuk tidak sering berolahraga dan berada dibawah terik matahari ketika sedang menjalan puasa. Untuk berolahraga, kalian bisa melakukannya di malam hari.

Untuk menjaga asupan air didalam tubuh, mengkosumsi buah pada sahur adalah jalan yang tepat. Bagaimana tidak, air dalam buah sangat efektif untuk menghidrasi air didalam tubuh. 

Namun..

Ada juga air yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika sahur. Itu adalah air berkafein seperti kopi dan teh karena hanya akan meningkatkan rasa haus dan dehidrasi. Solusinya, meminum jus buah merupakan pilihan tepat.

5. Meluangkan Waktu

Nah, apa yang kalian sukai di rumah? bermain game? membaca manga? menonton anime? itu semua bisa kalian terapkan loh. Cobain beberapa hobi ringan mengasyikan tersebut untuk menjalankan puasa kalian dengan nikmat.

Baca : Manga/Manhua/Manhwa Dengan Karakter Utama OverPowered ( OP ) untuk membaca komik seru ketika bulan puasa/

Atau mungkin : Rekomendasi Top Anime Spring dan Summer Tahun 2019 Terbaik, menonton anime bulan puasa yang aman umur bisa menjadi pilihan tepat pula.

Atau kalian punya hobi ngegame? game populer ini bisa kalian coba juga loh : 5 Game Online Terpopuler dan Teramai Saat Ini di Indonesia.

Jadi, jika kalian bisa meluangkan waktu menyenangkan tanpa harus capek-capek, kenapa tidak? itu adalah solusi efektif untuk berpuasa tanpa merasakan lapar berlebih.

Nah, mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapar salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: