Penyebab Utama Pusing Ketika Berdiri Setelah Posisi Duduk


Penyebab Utama Pusing Ketika Berdiri Setelah Posisi Duduk - Sering kali seseorang merasakan sebuah pusing, entah karena flu atau memang pusing sementara yang terjadi karena kelelahan atau mengalami masalah yang sangat berlebih sehingga pusing akan muncul. Banyak sekali jenis-jenis pusing yang terjadi dan pastinya penyebabnya juga berbeda-beda satu dari jenis pusing yang lain. 

Tidak lain adalah pusing setelah duduk. Duduk memang sangat menyenangkan, dan ketika hendak berdiri lalu ingin pingsan dan pusing, inilah yang patut dipertanyakan. Kebanyakan hal ini terjadi oleh mereka yang sering didepan komputer atau laptop dengan waktu yang lama, tapi banyak yang menghiraukan dan menganggapnya sebagai masalah yang sepele. Benar bukan? Lalu apa sebenarnya penyebabnya?

1. Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi

Kebalikan dari penyakit tekanan darah tinggi, penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi biasanya kurang mendapat perhatian khusus dari para penderitanya dan malah diabaikan hingga tubuhnya mencapai titik lemahnya. 

Tekanan darah rendah biasanya terjadi karena kurangnya pasokan oksigen yang masuk kedalam otak karena terhambat oleh berbagai hal seperti kurang tidur, dehidrasi, haid yang tidak normal.

Bila dibiarkan secara terus menerus, darah akan turun pada titik terendahnya yaitu 90/60 mmHg. Efek yang bisa anda rasakan antara lain adalah mata berkunang-kunang, keringat dingin bercucuran, mudah lelah, pingsan dan salah satunya adalah pusing ketika berdiri setelah duduk. 

Akan tetapi ada salah satu ahli yang mengatakan bahwa pusing setelah duduk terjadi karena darah turun ke kaki dari otak sehingga terjadilah pusing.

2. Kurang Darah atau Anemia

Selanjutnya adalah karena kekurangan darah pada tubuh anda. Anemia terjadi ketika jumlah hemoglobin ( sel darah merah ) mengalami kekurangan sehingga jumlah oksigen dalam tubuh otomatis juga berkurang. Penderita anemia sering kali mudah lelah, sering mual, dada sesak, denyut jantung tidak teratur dan pusing kepala. Pusing kepala ini biasanya juga terjadi ketika berdiri setelah anda duduk. 

Jadi, untuk mengatasinya anda cukup perlu memakan makanan yang mengandung banyak zat penambah darah seperti susu, sayuran, buah serta jika tidak ada pilihan lain yaitu mengkonsumsi pil yang dipercaya dapat mengatasi anemia. Tetapi tidak disarankan mengkonsumsinya terlalu sering karena kasus terburuk, ginjal anda malah bisa bermasalah dan bisa menjadi masalah serius.

3. Aliran Darah Tidak Lancar 

Salah satu tanda jika anda mengalami masalah aliran darah tidak lancar adalah kesemutan. Benar, kesemutan secara sering menandakan bahwa aliran darah anda tidak lancar. Kasus buruk mampu membuat seseorang jatuh pingsan karena kurangnya pasokan darah yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tidak cukup mengherankan. 

Tidak hanya itu, pusing ketika berdiri setelah duduk juga menandakan bahwa aliran darah anda terhambat, hal ini dikarenakan waktu ketika duduk cukup panjang.

4. Kurang Olahraga

Anda tahu bukan bahwa salah satu manfaat olahraga adalah melancarkan sirkulasi darah ke otak. Semakin rutin anda melakukan olahraga, entah olahraga ringan atau berat, tentu tubuh akan menjadi sehat. Akan tetapi, tidak lupa pula untuk diimbangi dengan asupan gizi yang pas serta istirahat yang cukup agar malah tidak menimbulkan sakit karena kelelahan setelah olahraga.

Jarang olahraga akan menyebabkan aliran darah ke otak tidak lancar dan jelas, mungkin seseorang yang jarang olahraga akan mudah lelah layaknya kekurangan darah. Karena hal ini, ketika berdiri setelah duduk merasakan pusing bisa menjadi pertanda bahwa anda harus rajin olahraga guna menghilangkan rasa seperti itu karena pada intinya, olahraga sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Wah, ternyata itu ya sobat penyebab kita terkadang pusing ketika habis duduk kemudian berdiri. Apa ada yang senasib nih? Nah, mungkin sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: