Penyebab Banjir Keringat yang Terjadi Ketika Sedang Tidur


Penyebab Banjir Keringat yang Terjadi Ketika Sedang Tidur – Banjir keringat, ya hal tersebut sering banyak orang alami ketika sedang tidur dan menjadi sebuah pertanyaan bercampur heran ketika bangun kenapa bisa ada keringat ketika sedang tidur. 

Dan hal ini tentunya menjadi sebuah pertanyaan banyak orang kenapa bisa ketika kita sedang tidur, tubuh mengeluarkan keringat dengan jumlah yang cukup banyak. 

Sebelum menjadi hal yang dipertanyakan, kebanyakan orang akan cuek ketika banjir keringat setelah tidur dialaminya karena merasa baru sekali merasakan. Tetapi lama-kelamaan, hal tersebut ternyata dialami berulang kali setelah tidur dan menjadi sebuah hal yang dipertanyakan. 

Banyak penyebab yang bisa dipetik untuk wawasan anda kenapa hal ini bisa terjadi, tanpa basa-basi, berikut adalah penyebab keluarnya keringat ketika tidur.

1. Temperatur yang Hangat

Benar sekali, temperatur yang hangat menjadi sebuah alasan yang tepat kenapa seseorang bisa banjir keringat ketika tidur. Suhu udara di lingkungan atau ruangan yang memang tinggi cenderung hangat akan menjadi alasan utama apalagi jika seseorang mengenakan piyama, pakaian tebal, jaket, baju tidur, baju panjang ditambah anda berselimut. Tidak heran keringat akan muncul dengan banyak karena kepanasan.

2. Gelisah pada Anak-Anak

Dikhususkan untuk anak-anak, biasanya ketika akan tidur akan mengalami kegelisahan karena sesuatu. Bisa takut atau karena terngiang hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini juga mengakitbatkan pernafasannya terganggu sehingga ketika mereka terbangun, mereka tanpa sadar sudah dibanjiri dengan keringat dan muka yang berwarna merah. Jika secara sering mengalami hal ini, maka sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi langsung dengan ahli medis di daerah anda.

3. Gangguan Tidur

Seseorang yang memiliki kelainan tidur seperti gangguan tidur juga bisa menjadi penyebab kenapa dia bisa mengalami banjir keringat. Gangguan tidur seperti apnea tidur membuat seseorang mengalami sesak nafas atau sulit bernafas sehingga ketika seseorang sudah sulit bernafas, tubuh akan mengeluarkan usaha yang kuat untuk bernafas. Hal ini serupa halnya ketika kita olahraga sehingga tubuh akan berkeringat.

4. Menopause

Pada wanita dewasa, mereka akan mengalami peningkatan jumlah keringat saat tidur. Umumnya, wanita tersebut adalah mereka yang memasuki kondisi usia menopause. Tidak hanya itu, resiko untuk mengalami gangguan tidur seperti sulit pernafasan juga meningkat hingga 10 kali dikarenakan hilangnya hormon progeteron dan estrogen. Oleh karena itu, tidak kaget jika wanita dewasa mengalami banjir keringat ketika tidur.

5. Alkohol

Bagi anda seorang penikmat alkohol, sangat disarankan agar tidak meminumnya secara berlebihan. Hal ini jelas karena dapat merusak kesehatan khususnya organ vital penting didalam tubuh yaitu hati. Apabila hati sudah rusak, makan keselamatan anda juga sudah mulai terancam dan bisa mengakitbatkan meninggal dunia. Tapi, alkohol juga dapat menyebabkan masalah ringan.

Benar, itu adalah masalah pada tidur yaitu banjir keringat. Alkohol ternyata dapat memicu tubuh berkeringat lebih banyak dari seseorang bukan peminum alkohol. Hal ini dikarenakan alkohol mengandung relaksan otot yang dapat menganggu saluran pernafasan bagian atas, memperparah dengkuran, serta memicu gangguan tidur lainnya. Oleh karena itu, kurangi minum alkohol atau hindari jika bisa.

6. Mimpi Buruk

Ini dia faktor yang tanpa kita ketahui dapat memicu banjir keringat pada tubuh seseorang. Mimpi buruk juga berkaitan dengan kegelisahan seperti yang sudah dikatakan diatas. Ketika gelisah, tubuh akan mengeluarkan keringat dan hal seperti ini memang sudah wajar. 

Akan tetapi, jika anda sering mengalami mimpi buruk karena stress, mungkin lebih baik untuk melakukan kegiatan yang menjadikan hati senang seperti bermain.

Nah, mungkin itulah beberapa penyebab yang menjadikan kalian banyak mengeluarkan minyak ketika tidur atau ketika bangun tidur. Semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: