Daftar Kegiatan atau Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Kalian


Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Kalian - Wah, puasa sudah hampir tiba, saat-saat dimana kita harus menahan godaan yang berat untuk malatih kesabaran, keteguhan, serta iman kalian untuk menjadi lebih baik lagi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan puasa kalian menjadi lebih baik. Hal tersebut tentunya tak lepas dari kekuatan dari dalam diri kalian dalam menahan godaan yang sudah disebutkan tadi sehingga puasa kalian menjadi tuntas.


Nah setelah kalian melaksanakan tips diatas, kalian juga perlu menghindari beberapa godaan alias hal-hal yang menyebabkan puasa dan pahala puasa kalian hilang. 

Jika kalian pikir yang membatalkan puasa hanya makan dan minum dengan sengaja, maka ada kemungkinan puasa kalian di tahun-tahun sebelumnya banyak yang belum sempurna. Kenapa belum sempurna? karena kalian mungkin saja masih melakukan kegiatan yang membatalkan puasa ( karena belum tahu ). Jika kalian sudah tahu dan tetap melakukannya, bukan belum sempurna lagi, tetapi sudah batal puasanya.

Lalu, apa saja sih yang membatalkan puasa itu? 

Penyebab Puasa Batal

Ada beberapa yang menyebabkan puasa kalian batal, tapi yang saya bagikan disini adalah pengetahuan yang saya ketahui saja, jadi kalian boleh mempertanyakan ke yang lebih ahli lagi misalkan ada yang kurang. Mau tau apa saja pembatal puasa? 

1. Makan dan Minum dengan Sengaja

Walaupun memang sudah tidak diragukan lagi bahwa hal ini bisa menjadi puasa kalian batal, tidak ada salahnya saya tegaskan kembali disini ( buat memperkaya kata ).

Ada kondisi ketika kita makan dan minum tidak batal, benar saja, hal tersebut ketika kita tidak sengaja atau dalam keadaan lupa dengan syarat kita langsung menghentikan proses makan minumnya ketika tiba-tiba ingat. Jika masih dilanjutkan, jelas akan batal dong.

2. Muntah dengan Sengaja

Maksudnya sengaja disini adalah kita secara paksa mengeluarkan makanan dari mulut karena alasan tertentu. Jika kalian muntah karena sakit atau kondisi yang memang terpaksa ( tidak sengaja dan tidak diinginkan ), puasa kalian tidak akan batal.

Jika kalian tidak tahu apa yang dimaksud muntah dengan sengaja, gini loh, contohnya kita pagi sudah sahur, siangnya kita dengan sengaja membuat perut bergoyang, tidak stabil, kepala pusing sehingga menimbulkan rasa eneg dan kalian akan muntah karena kelakuan kalian sendiri, jadi puasa kalian akan batal.

3. Bersetubuh di Siang Hari

Duh duh, jangan ditanya lagi deh yang ini. Jika kalian ingin menuntaskah nafsu birahi kalian, malam adalah waktu yang tepat untuk melakukannya dengan istri atau suami kalian. Jangan ketika puasa, maka batal puasa kalian sehingga kalian harus menggantinya di lain hari, bukan begitu?

Jika malam, maka tidak masalah karena tidak merusak puasa kalian, bahkan kalian bisa mandi wajib setelah sahur dikarenakan keringanan yang diberikan ( dingin ). Jadi, jangan buru-buru yah sobat yang sudah menikah, hehe.

4. Mengeluarkan Air Mani dengan Sengaja

Kita ambil yang lebih ringan dari bersetubuh, benar, masturbasi atau onani yang merupakan kegiatan mengeluarkan air mani sendiri dengan tujuan untuk memenuhi hasrat birahi untuk mereka yang belum bersuami atau beristri.

Tentu saja tetap batal puasanya jika kalian melakukannya di siang hari. Waktu yang tepat untuk melakukannya pun sama seperti pada poin nomor 3, malam hari atau akan sangat lebih baik jika kalian tidak melakukannya.

5. Memakan Sesuatu dengan Sengaja yang Bukan Makanan

Ketika kalian menalan sesuatu dengan sengaja ( ntah mengenyangkan maupun tidak ), itu sama saja kalian sudah memasukan sesuatu kedalam lambung sehingga jelas-jelas membuat puasa kalian batal. Walaupun sekecil apapun benda itu mungkin kerikil sekalipun, tetap saja batal loh.

Jadi untuk amannya, kenapa kalian tidak mencoba menelan air liur saja? bukankah lebih efektif karena tidak membatalkan puasa kalian. Toh, ketika waktunya buka nanti, kalian bisa memakan apapun yang kalian mau asalkan tidak berlebihan.

6. Berniat Berbuka Puasa

Niat itu adalah rukun puasa loh, ingat kan? jika niat kalian saja sudah buruk, sudah jelek, sudah malas, mending tidak usah puasa saja jika dipertengahan hari saja kalian sudah punya niatan untuk berbuka dengan sengaja.

Walaupun masih ada niatan dan belum sampai memakan, puasa kalian bisa terhitung batal loh. Karena apa? seperti yang sudah dikatakan tadi, niat itu rukun puasa, jika salah satunya saja tidak dijalankan, bukankah puasanya tidak sah?

7. Haid dan Nifas

Jika kalian wanita dan tiba-tiba datang bulan, sangat disarankan untuk menghentikan saja puasa kalian karena sudah dianggap batal. Begitu juga mereka yang sedang dalam keadaan nifas, batal pula puasa mereka.

Dalam kasus ini, sangat disarankan untuk mereka untuk lebih menjaga kesehatannnya dan ketika sudah normal kembali, mereka bisa puasa seperti biasanya. Jangan lupa, kalian juga perlu membayar puasa di hari lain nanti.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan puasa kalian batal, jika tahun kemarin belum tahu, maka sekarang sudah tahu dan hindarilah ya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: