Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk untuk Instal Windows


Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk untuk Instal Sistem Operasi ( OS ) - Flashdisk adalah alat penyimpanan data memori cepat bertipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, berbobot ringan dan pastinya portable yang mudah dibawa kemana-mana ketimbang hardisk.

Flashdisk sendiri memang sangat memberikan banyak manfaat dengan badannya yang kecil. Anak SD, SMP, SMA hingga dewasa, hampir semuanya menggunakan flashdisk sebagai keperluan penyimpanan yang mudah.

Tapi, sebagai tempat penyimpanan, flashdisk juga memiliki fungsi untuk dijadikan bootable loh. Tapi sebelum itu, memangnya apa itu bootable?

Pengertian Bootable

Bootable adalah sebuah fitur yang ada pada setiap Sysem Oeprasi, dimana fitur tersebut bisa diaplikasikan di media penyimpanan, seperti Flashdisk, CD/DVD, atau media penyimpanan lain. 

Jika selama ini kita berfikir bahwa yang di sebut Bootable itu adalah Flashdisk lain yang di dalamnya terdapat sistem operasinya, maka asumsi kita ini tarnyata SALAH, karena yang di namakan bootable itu adalah media penyimpanan ( bukan hanya flashdisk ) yang di dalamnya terdapat sistem operasinya. 

Oleh karena itu, yang kita bahas sekarang adalah bootable yang diaplikasikan pada flashdisk, bukan media penyimanan lain. 

Kenapa flashdisk?

Mudah saja, flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat mudah digunakan dan tentunya sangat portable, sehingga sewaktu-waktu kita membutuhkan sistem operasi cadangan karena laptop rusak atau dan yang lainnya, maka kita dengan mudah bisa menginstal ulang menggunakan flashdisk yang sudah terbootable tersebut.

Kenapa dinamakan dengan Bootable?

Biasa dipanggil Bootable karena pada setiap sistem operasi, mereka pasti akan  melakukan first boot melalui media penyimpanan, seperti Flashdisk, Harddisk (HDD), Disket, CD/ DVD-ROM, dan media penyimpanan lain. Jadi jika kita gunakan flashdisk sebagai contoh bootable, maka first boot kita akan menggunakan flashdisk tersebut yang bisa kita atur melalui bios.

Fungsi Bootable

  • Untuk instalasi sistem operasi 
  • Pembersihan data 
  • Restorasi data 
  • Pemecahan masalah ( Troubleshooting ) perangkat keras/ hardware dan perangkat lunak/ software yang bermasalah
  • Software akses administratif seperti kasus lupa password atau password yang disadap.

Jadi, apakah kalian berminat menggunakan flashdisk kalian sebebagi bootable? banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan loh. Jika kalian masih ragu, kalian bisa memanfaatkan flashdisk 4gb'nan yang murah untuk dijadikan uji coba, jadi kalian tidak perlu ragu. 

Cara Membuat Bootable Flashdisk

Buat kalian yang mau mencoba membuat bootable di flashdisk, tidak perlu basa-basi lagi, berikut adalah caranya :

1. Download aplikasi rufus, kalian bisa mendapatkannya di https://rufus.ie/ kalian pilih saja yang versi portable.

2. Buka aplikasi rufus dan pilih file sistem operasi yang berformat .iso di hardisk kalian.


3. Jika sudah, settinglah bagian Drive Properties di rufus kalian seperti gambar dibawah ini 


4. Selanjutnya, setting bagian Format Options seperti gambar dibawah ini pula 


5. Sekarang, kalian bisa memulai proses bootabling dengan mengklik tombol start dibagian bawah aplikasi rufus. Tunggu, biasanya tidak akan memakan waktu lama kok.

6. Selesai, sekarang flashdisk kalian sudah terisi sistem operasi dan bisa digunakan untuk instalasi sistem operasi pada PC maupun laptop kalian.

Perlu kalian ingat, ketika kalian menggunakan flashdisk untuk bootable, otomatis semua isi flashdisk kalian akan terformat alias terhapus semuanya. Jika kalian masih menginginkan isi data yang kalian simpan, akan lebih baik jika kalian membackup'nya terlebih dahulu untuk menghindari hal tersebut.

Nah, baiklah, mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan ya. Terima kasih. 

Subscribe to receive free email updates: