Manfaat Kopi untuk Tubuh yang Jarang Diketahui Orang


Manfaat Kopi untuk Tubuh yang Jarang Diketahui – Kopi, benar-benar nikmat untuk diminum khususnya dalam malam hari, disertai rokok 1 batang bagi para penikmatnya. Tapi tidak direkomendasikan karena bahaya rokok sudah banyak yang membuktikannya. 

Kembali pada kopi, kopi biasanya dikonsumsi hanya dengan satu tujuan, yaitu untuk mencegah kita dari sebuah rasa ngantuk padahal manfaat yang sebenarnya lebih dari itu.

Benar sekali, fakta menunjukkan bahwa manfaat kopi yang sebenarnya sangatlah fantastis. Dan ketika kita mengkonsumsinya, tanpa sadar kita juga sudah merasakan manfaatnya. 

Tetapi, jangan sering-sering meminum kopi juga karena bahaya yang akan kita terima seperti detak jantung yang lebih cepat dari biasanya tidak hanya itu, resiko penyakit jantung dan stroke lebih besar kita alami daripada mereka yang bukan penikmat kopi.

Tapi, apa saja manfaat dari kopi yang jarang kita ketahui tersebut? Berikut manfaatnya :

1. Kopi Dapat Membuat Anda Lebih Cerdas

Anda tahu bukan apa salah satu kandungan dalam kopi? Benar itu adalah kafein. Kafein adalah zat stimulan yang paling banyak digunakan didunia. Setelah anda mengkonsumsi secangkir kopi atau lebih, kafein akan diserap tubuh menuju aliran darah yang hingga akhirnya mengalir hingga otak. 

Banyak sekali uji coba kontrol pada manusia dan hasilnya membuktikkan bahwa kopi dapat meningkatkan beberapa fungsi otak seperti daya ingat.

2. Kopi Dapat Membakar Lemak

Tidak hanya dapat mengembangkan fungsi otak, kafein dalam kopi juga dapat membakar lemak tubuh anda. Sebelumnya, tahukah anda bahwa disetiap obat pembakar lemak, ternyata selalu terdapat kafein didalamnya. Dan ini bisa menjadi alasan yang kuat kenapa kafein dikatakan sebagai zat alami yang benar-benar terbukti mampu membantu pembakaran lemak didalam tubuh anda.

Beberapa observasi studi membutikkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dari 3 hingga 11 persen. Tidak hanya itu, fakta lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, hingga 10% pada orang dengan obesitas dan 29% pada orang kurus. Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang sedikit demi sedikit pada peminum kopi jangka panjang.

3. Meningkatkan Kinerja Fisik

Masih karena kafein, kafein mampu merangsang sistem saraf pada tubuh manusia dan menyebabkan ia mengirim sinyak ke sel-sel lemak untuk memecah lemak dalam tubuh sehingga kefein juga akan meningkatkan andrenalin didalam darah yang merupakan hormon yang dirancang khusus untuk membuat tubuh kita siap untuk melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga.

Singkatnya, kafein akan membuat sel-sel lemak memecah lemak dalam tubuh, melepaskannya ke dalam darah sebagai asam lemak bebas untuk dijadikan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu, sangat masuk akal meminum kopi agar tidak ngantuk atau sebelum olahraga agar tetap kuat dalam beberapa jam khususnya sepak bola yang dikenal sebagai olahraga melelahkan.

4. Perlindungan Terhadap Hati

Organ vital yang sangat fatal apabila sudah bermasalah, benar tidak hanya jantung, itu adalah hati yang mampu melakukan ratusan fungsi penting di dalam tubuh. Banyak sekali penyakit mematikan yang menyerang hati, tak lain adalah sirosis, hepatitis, dan masih banyak lagi. Dan hebatnya, kopi dapat melindungi hati dari penyakit sirosis ini. 

Mereka yang meminum hingga 4 cangkir perharinya akan memiliki resiko 80% lebih rendah terserang penyakit sirosis. Tidak hanya itu, kopi juga dapat melawan depresi dan menjadikan anda lebih bahagia.

Jadi, itulah beberapa manfaat kopi yang jarang kalian ketahui. Benar bukan? jadi, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: