Daftar 5 Kelompok Hacker Paling Berbahaya di Dunia 2019


Daftar 5 Kelompok Hacker Paling Berbahaya di Dunia 2019 - Internet, sebuah teknologi yang mampu mengubah dunia ini. Benar begitu? begitulah sepertinya menurut beberapa persektif berdasarkan apa yang didampakkan pada internet.

Ada sebuah dampak buruk, ada juga dampak baiknya.

Well, karena kita sekarang sedang membahas internet, banyak sekali yang ada didalamnya loh. Bahkan, mungkin internet itu sendiri seperti dunia kedua karena kita pada fakta di abad 20 ini, seseorang seperti tidak bisa hidup tanpa adanya koneksi, yah, seperti itulah.

Pada dampak buruknya, internet bisa menyebabkan kriminal online tersebar luas, anggap saja dengan hacking, defacing, carding yang merupakan salah satu kejahatan cyber terbesar.

Tentunya, ada sebuah dalang dibalik semua kejadian tersebut. Para pengguna internet menyebut mereka sebagai " hacker " yang mana memiliki skill khusus dan mumpuni untuk menyerang celah yang tersedia dari suatu objek atau subjek yang akan diserang.

Tidak ringan, bahkan mereka tidak segan-segan untuk menyerang situs pemerintahan dan situs besar seperti NASA walaupun mungkin ada beberapa untuk menjadi bug bounty/hunter saja dengan tujuan mencari keuntungan.

Meski begitu, tetap saja mereka tidak boleh diremehkan loh. Kenapa? mereka bisa saja tau identitas kita atau mungkin admin yang sedang menulis artikel ini. No System is Safe, seperti itulah kata mereka, wah, nyeremin yah guys.

Nah, kalian mau tau apa saja kelompok hacker yang berbahaya tersebut? berikut adalah daftarnya :

1. Anonymous


Wah, kalo yang ini sih kayanya kalian sudah tidak asing lagi bukan? kelompok hacker fenomenal yang selalu menyembunyikan jati diri melalui kiasan topeng Guy Fakes yang dibentuk pada tahun 2003.

Tentu saja, karena identitas mereka yang sangat rahasia, tidak ada yang tahu secarapasti siapa saja anggota dari kelompok hacker berbahaya ini. Mereka akan secara rahasia berkomunikasi, chatting, berunding melalui program buatan mereka sendiri atau yang lainnya dengan maksud privasi tetap terjaga.

Anonymous sendiri berasal dari kata anonym atau bisa diartikan sebagai " tidak diketahui ". Hal ini tentu karena hacker sungguhan tidak ada yang ingin diketahui identitasnya yang sebenarnya kecuali jika dia memang ingin memerangi blackhat ( hacker jahat ), jadi beberapa dari mereka akan membuka identitasnya.

Jadi, kalo ada orang yang ngaku-ngaku hacker atau anonymous, abaikan saja karena mereka jelaslah abal-abal.

Kelompok hacker inipun sering melancarkan yang tidak main-main yaitu dengan menyerang situs pemerintahan yang biasanya dijaga dengan ketat loh. Apalagi pada serangan cyber serentak untuk menyerang situs web israel untuk mendukung keadilan palestine, benar-benar menakjubkan. Bukankah begitu?

2. Milw0rm


Nah, kalo ini adalah salah satu kelompok hacker " black hat " yang paling benci sama namanya sistem nuklir. Mereka akan sangat suka sekali menyerang sistem nuklir termasuk salah satu serangannya pada sistem nuklir milik India ( Bhabha Atomic Research Center ) pada tahun 1998.

Hal tersebut mereka lakukan untuk menyampaikan pesan anti nuklir yang mereka tuliskan di website sendiri dan beberapa situs yang berhasil di retas. 

Salah satunya adalah perusahaan hosting EasySpace yang mereka retas sehingga terdapat lebih dari 300 website terhosting yang muncul pesan anti nuklir yang bahkan salah satunya adalah situs FIFA World Cup, Ritz Hotel, Website Kerajaan Arab dan Wimbledon terkena dampaknya.

3. Master of Deception


Kelompok hacker ini bernama Master of Deception atau jika diartikan menjadi bahasa indonesia berati Guru dari Penipu. Kelompok berbahaya ini berlokasi di Negara Amerika kota New York yang sangat terkenal berkat aksi-aksi exploit mereka loh.

Ada banyak pengurus di grup ini, diantaranya yang diketahui adalah Mark Abane ( Phiber Optik ), Elias Ladopoulos ( Acid Phreak ), Paul Stira ( Scorpion ), Hac & Jhon Lee ( Corrupt ) dan Julio Fernandex ( Outlaw )

Member yang tergabung hingga saat ini juga banyak dan sangat menarik perhatian anonymous sebagai grup hacker terbesar dan paling berbahaya yang pantas untuk disegani di dunia maya.

4. Lizard Squad


Pada tahun 2014, ada sebuah nama yang mungkin terdengar asing yang menjadi ditakuti secara tiba-tiba. Benar, nama kelompok tersebut adalah lizard squad yang menjadi kelompok ditakuti pada masanya. 

Tepat ketika perayaan natal tahun 2014, kelompok lizard squad merupakan sebuah kelompok yang bertanggung jawab atas tumbangnya 2 layanan berbasis internet di industri game PlayStation dan XB Live. 

Masih kurang puas dengan hal tersebut, di tahun berikutnya, mereka beraksi kembali dengan membobol sistem keamanan situs jejaring sosial diantaranya Facebook dan Instagram. Meskipun pihak Facebook dan Instagram membantah, nyatanya mereka ( Lizard Squad ) masuk dalam pertanda 6 peretasan di jejaring sosial.

5. LulzSec


Sebuah kelompok hacker yang benar-benar mengesalkan dan memang membuat darah naik. Bagaimana tidak, mereka selalu menertawakan sistem yang berhasil mereka tebas dan selalu menghinanya.

Nah, LulzSec sendiri memang singkatan dari ( Lul Security ) yang pada mulanya terbentuk sebagai cuilan dari kelompok hacker Anonymous yang menyusul serangan terhadap HBGary Federal pada tahun 2011 silam. Kelompok hacker ini sendiri terdiri dari 7 anggota inti beserta motonya yaitu Laughing at Your Security.

Serangan pertama kelompok ini juga tidak main-main, mereka berhasil menyerang fox.com yang berakibat pada bocornya password, profil linkedin, dan nama-nama dari lebih 70.000 konstentan x-factor.

Mereka juga berhasil mengkompromikan akun pengguna Sony Pictures pada tahun 2011 dan membuat tumbang situs CIA pada tahun yang sama. Target yang tidak main-main dan pesan mengejeknya yang membuat kelompok hacker ini ditakuti dan dibenci karena tujuan ejeknya. Haha.

Nah, itulah beberapa kelompok hacker yang ditakuti dunia hingga saat ini, mungkin cukup sekian artikel kali, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: