7 Tanda Umum Bahwa Tubuh Anda Kekurangan Protein


7 Tanda Umum Bahwa Anda Kekurangan Protein – Protein merupakan salah satu komponen paling penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Organ-organ, otot, saraf dan juga sistem kekebalan tubuh, sampai batas tertentu, mereka semua sangat membutuhkan protein untuk terus bertumbuh. Tidak hanya itu, sebut saja struktur tubuh, ternyata hampir semuanya memiliki beberapa jumlah protein yang terkandung.

Karena hal tersebut, secara garis besar dikatakan bahwa protein merupakan unsur yang sangat penting bagi tubuh dan anda perlu mengkonsumsinya melalui beberapa makanan yang pasti terkandung didalamnya. Dan sebuah catatan penting, jangan sampai anda mengalami sebuah masalah yang cukup serius dimana tubuh anda kekurangan sebuah protein dan hal tersebut bisa dilihat dari tanda-tanda umumnya seperti :

1. Rambut yang Mulai Menipis

Jika genetika atau faktor keturunan menjadi faktor utama terhadap tipisnya rambut, kekurangan protein juga bisa menjadi penyebab utamanya. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan protein yang cukup, tubuh akan beralih dalam mode yang dinamakan “ mode konservasi “ dimana mode yang akan berhenti mengirimkan protein hingga ke bagian atas tubuh.

Dan hal ini jelas termasuk cangkupan rambut dan rambut pastinya gagal untuk subur karena kekurangan protein dan jelas, rambut akan terlihat tidak segar, kusam, tipis dan mungkin saja penuaan dini yaitu munculnya rambut putih walau umur anda masih terbilang cukup muda. Tidak hanya itu, kuku yang terlihat tidak segar juga serupa halnya dengan rambut yaitu bisa menjadi tanda bahwa anda kekurangan protein.

2. Sering Kelelahan

Kondisi fisik, siapa sangka jika hal tersebut juga dipengaruhi oleh kacupan protein yang ada didalam tubuh anda. Hal ini dikarenakan energi yang rendah dikarenakan protein yang rendah pula. Protein dalam peranannya mampu menstabilkan kadar gula merah dan karena kekurangan protein, ketajaman mental anda juga akan terganggu serta sangat lambat untuk merespon sesuatu.

Oleh karena itu, jika anda merasakan sering lelah ketika beraktivitas, atau berolahraga seperti energi yang ada dalam tubuh anda sangat kurang, bisa jadi hal tersebut dikarenakan kekurangan protein. Oleh karena itu, makanlah makanan yang memiliki protein yang tinggi khususnya sayur mayur yang sangat banyak jumlah dan jenisnya khususnya di Indonesia ini.

3. Sering Terserang Penyakit

Benar sekali, salah satu fungsi protein yaitu adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh guna melindungi dari serangan penyakit yang muncul. Protein menjadi salah satu unsur penting dalam pembentukan sel darah merah, sel darah putih dan sebuah pembentukan antibodi yang sudah diketahui bahwa mereka bekerja sama untuk melawan sebuah serangan penyakit yang datang.

Tetapi, apa daya jika protein yang diperoleh tubuh dibawah standar kepenuhan, haruskan kita rela terserang penyakit? Sepertinya memang seperti itu walau tidak ikhlas rasanya. Dan jika sudah terserang penyakit, obat yang harus anda konsumsi biasanya memiliki kandungan protein yang tinggi guna untuk membantu sel kekebalan tubuh dalam kondisi prima untuk melawan penyakit.

4. Ukuran Otot yang Mengecil

Biasanya, mereka yang memiliki ukuran otot jumbo sering mengkonsumsi protein entah dalam bentuk pil atau sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Dan hal ini jelas, membuktikkan bahwa kekurangan protein akan mulai mengecil. Dan banyak yang bertanya kenapa otot saya bisa mengecil ukurannya dan sederhana saja jawabannya, pastikan bahwa anda tidak kekurangan protein.

Nah, itulah beberapa yang bisa kalian cermati apabila tubuh kekurangan protein, mungkin cukup sekian dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: