Gejala Fisik Umum Tingginya Kadar Kolesterol pada Tubuh


Gejala Fisik Umum Tingginya Kadar Kolesterol pada Tubuh – Mengenali dan mengetahui sejak dini kemudian menganalisa adalah sebuah kegiatan yang teramat wajib untuk dilakukan khususnya bagi mereka yang terbilang pikirannya sudah maju dibandingkan orang yang pikirannya belum berkembang. 

Hal ini tentu sangat berarti karena dengan mengenali sejak dini, anda sudah sangat siap untuk menghadapi masalah yang dialami.

Benar, khususnya adalah masalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Jika dibiarkan, tubuh akan serasa tersiksa dan dapat menyebabkan kematian apabila lambannya penanganan karena pada dasarnya, kadar kolesterol sangat berhubungan erat dengan jantung, sehingga jika kolesterol bermasalah, jantung jika kemungkinan akan mengalami masalah seperti beberapa penyakit jantung.

Ada banyak sekali gejala-gejala yang dapat diartikan sebagai gejala kadar kolesterol yang tinggi, gejala yang berada didalam tubuh dan yang berada diluar tubuh. Dan kali ini, kita akan membahas gejala yang tampak dari luar tubuh atau gejala fisik pada manusia. 

Menurut Dokter Medis Aulia Sani, dokter yang sangat ahli dalam jantung dan pembuluh darah dari RS Sahid Sahirman mengatakan bahwa gejala-gejala fisik tersebut adalah :

1. Seringnya Alami Kesemutan

Anda sudah tahu bukan apa sebenarnya penyebab terjadinya kesemutan? Kesemutan bisa saja terjadi karena aliran darah yang tidak lancar entah dibagian tangan atau dibagian kaki. Kesemutan sangat erat kaitannya dengan saraf yang tidak mendapatkan aliran darah dan penyebab kenapa tidak dapat mendapatkan aliran darah adalah karena aliran darah yang berubah kental akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

2. Dada Sebelah Kiri Terasa Nyeri

Tahukah anda bahwa dada sebelah kiri sangat dekat dan berkaitan dengan jantung yang bertugas sebagai pemompa darah? Penyumbatan pembuluh darah yang terjadi disekitar jantung tentu bisa menyebabkan rasa nyeri menyerupai bagaimana rasanya ditusuk. Sangat sakit bukan, dan jika sering merasakan seperti ini, bisa jadi kadar kolesterol anda tinggi.

Tidak hanya itu, rasa nyeri ini bisa menjalar hingga menuju bagian leher dan dengan ini, bisa diartikan bahwa rasa nyeri dibagian leher juga bisa jadi saja mengindikasikan bahwa anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Dan yang perlu diwaspadai, seringnya rasa nyeri di jantung dapat menjadi pertanda bahwa anda terserang salah satu penyakit jantung.

3. Rasa Pegal yang Sering Terjadi

Benar sekali, rasa pegal yang terjadi di tangan, kaki, tengkuk dan pundak yang terasa sering dapat menjadi gejala tingginya kadar kolesterol yang tinggi dan patut diwaspadai pastinya. Pembuluh darah di area pegal juga ternyata bisa tersumbat akibat penumpukan kolesterol dan karena penumpukan yang berjalan secara terus menerus inilah yang membuat kaki, tangan, tengkuk dan pundak merasa pegal.

Dan anda juga pasti kaget bukan bahwa ternyata tengkuk dan pundak yang sering merasa pegal juga ternyata mengindikasikan bahwa seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini juga sama alasannya seperti pegal di area tangan dan kaki yaitu tidak lancarnya aliran darah karena penyumbatan pembuluh darah akibat tingginya kolesterol tersebut.

5. Sering Merasakan Pusing di Bagian Kepala Belakang

Pusing umumnya terjadi karena penyumbatan pembuluh darah di area sekitar kepala tersebut dan karena penyumbatan ini, otomatis kolesterol menumpuk dan mulai membentuk sebuah plak di pembuluh darah tersebut. Apabila terus dibiarkan, akan sangat fatal akhirnya, Seseorang tidak hanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi tetapi juga dapat mengakibatkan stroke. Mengerikan bukan?

Nah, itulah beberapa tanda atau gejala fisik apabila kadar kolestrol pada tubuh kalian tinggi. Mungkin kalian bisa merasakannya jika memang ada masalah kolestrol pada tubuh kalian. Mungkin sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata , mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: