Robot Eelume, Robot Laut yang Miliki Kemampuan Serba Guna


Robot Eelume, Robot Laut yang Miliki Kemampuan Serbaguna – Dari hari ke hari, ada saja inovasi baru dari perusahaan teknologi yang mengembangkan robot menyerupai hewan. Bila sebelumnya ada spot ciptaan google, kini ada lagi robot yang menggunakan bentuk hewan ular menjadi sebuah robot yang serbaguna. Lucunya, banyak yang menyangka bahwa robot ini adalah sebuah ular laut asli yang sedang berenang.

Robot ini memiliki sebuah teknologi spesial yang membuatnya mampu berenang sendiri di permukaan laut dan memiliki ruas-ruas yang benar-benar menyerupai ular laut pada umumnya. Menurut ketua tim pengembang, eelume adalah robot pertama yang membawakan mereka ke dunia industri dan siap dipasarkan untuk menyaingi robot hewan lain.

Sengaja dikembangkan untuk memotong biaya pemeliharaan peralatan di bawah permukaan air, robot laut ini mampu beroperasi di bawah laut, dimana robot dengan bentuk seperti ular ini akan meliuk memasuki celah sempit dan akan sangat sulit dilakukan langsung oleh manusia.

Ular? Sebuah kata yang memungkinkan sifat buas terlintas pada pikiran anda, tetapi tidak untuk robot ini. Robot canggih ini dirancang untuk tidak menyakiti siapapun. Eelume sendiri adalah sebuah robot ciptaan dari perusahaan spin-off yang berasal dari Norwegian University of Science and Technology ( NTNU ) yang bekerja sama dengan perusahaan gas dan minyak dalam pengembangan robot ular ini.

Tujuan dari pengembangan robot eelume adalah untuk melaksanakan tugas pemeliharaan di dasar laut. Robot mekanik ini akan meluncur dengan sigapnya di sekitar dasar laut layaknya ular laut untuk menjalankan tugasnya seperti membersihkan, melakukan inspeksi visual atau bahkan dapat melampirkan diri pada komponen tertentu untuk menyesuaikan katup.

Harapan dengan terciptanya robot canggih ini adalah untuk dapat melalukan tugas di bawah laut sehingga mengurangi pengeluaran untuk membeli alat-alat yang digunakan untuk melalukan kegiatan yang sama. Pihak pengembang robot eeluma menyatakan bahwa robot ular ini mampu dipasang secara permanen pada air mana saja dan akan bekerja layaknya petugas kebersihan air.

Proses pembuatan robot ini memakan waktu hingga 10 tahun akan tetapi, dengan kurun waktu seperti itu, seorang ilmuwan dari Kongsberg mengatakan bahwa proses menciptakan robot ini tidak memakan banyak dana dan tidak membutuhkan komponen yang terlalu rumit untuk dipahami pula sehingga akan mudah diterapkan oleh para pemiliknya di tempat air seperti kolam ikan untuk membersihkan kotoran ikannya nanti.

Sayang beribu sayang, pihak pengembang tidak mengungkap bagaimana cara robot ular ini membersihkan kotoran yang ada di bawah permukaan air, tetapi mereka hanya memaparkan betapa lincahnya robot tersebut ketika menyelam dasar laut didalam video penampakannya. Sebuah pendapat lain mengatakan bahwa robot ini dinamakan eelume, berasal dari kata “ eel “ yang berarti belut.

Robot ini diciptakan dengan model yang tidak menyerupai robot lain atau lebih condong dengan model humanoid pada umumnya dan inilah yang menjadi ketertarikan tersendiri pada orang untuk memilikinya dan menjadikannya sebagai pekerja kolam gratis dengan sekali bayar saja yaitu ketika anda pertama kali membelinya nanti.

Untuk masalah harga, robot ini seperti belum diluncurkan untuk siap bersaing di pemasaran dengan robot lainnya dan masih dalam tahap penyempurnaan. Untuk robot pintar seperti ini, prediksi harga yang dilontarkan sepertinya akan sangat mahal dan sangat menguras dompet. Tetapi, kalian bisa merasakan kepuasaan tersendiri nantinya.

Nah, itulah sekilas tentang robot eelume. Semoga bermanfaat untuk para generasi haus teknologi seperti kalian ya. Sekian artikel kali ini dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: