Tips Memperbanyak Amalan di Bulan Ramadhan Nanti


Tips Memperbanyak Amalan di Bulan Ramadhan Nanti - Bulan Ramadhan tinggal menghitung beberapa hari saja, seperti masyarakat Indonesia pada umumnya jika kamu melihat iklan sirup yang beredaran di TV kamu berarti Ramadhan sudah dekat hehe.

Jika kamu seorang Muslim sejati pastinya kamu akan merasa senang dan bahagia jika mendengan kata Ramadhan karena pada bulan ini kamu akan merasa mudah dalam menjalankan ibadah, entah karena faktor suasana ataupun yang lainnya.

Intinya pasti niat ibadahmu akan menjadi tinggi dan berusaha untuk dapat memperbanyak amalan kebaikan. Nah, jika kamu berniat seperti itu tetapi masih bingung bagaimana cara memperbanyak amalannya, kamu bisa membaca berbagai tips memperbanyakan amalan tersebut dibawah ini.

Tips Memperbanyak Amalan di Bulan Ramadhan dengan Mudah

Sudah sepatutnya seorang muslim mempunyai amalan kebaikan yang besar terutama di bulan Ramadhan yang notabennya yaitu bulan yang amal ibadahnya menjadi berkali-kali lipat.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan pahala yang besar di bulan Ramadhan nantinya, kamu bisa mencoba berbagai tips dibawah ini yang bisa mempermudah kamu dalam mengerjakan amalan secara banyak tetapi mudah.

1. Sedekah setiap hari walau sedikit nominalnya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bersedekan adalah salah satu cara untuk dapat membuat kita menjadi lebih bersyukur atas segala karunia dan rezeki yang sudah diberikan oleh Allah kepada kita semua.

Selain itu, sedekah dengan hati yang ikhlas hanya karena Allah semata akan mempermudah dan mendekatkan kita kepada Allah dan pasti akan dijamin rezekinya baik didunia maupun di akhirat kelak.

Pertanyaannya apakah sedekah dengan nominal sedikit lebih bagus dengan yang nominal banyak? Itu semua bisa terjadi karena Allah lebih menyukai sedekah secara terus menerus walaupun kecil bentuknya daripada langsung besar tetapi hanya sekali. Tetapi lebih baik lagi jika nominal besar tetapi terus menerus hehe.

2. Mengusahakan sahur di akhir dan buka puasa di awal waktu

Ternyata sahur di akhir waktu dan berbuka puasa di awal waktu adalah salah satu sunnah yang mudah untuk dikerjakan loh. Selain itu, melakukan kedua hal tersebut pastinya akan memudahkan dalam menjalankan puasa karena mempersingkat waktu.

Jangan berpikir bahwa semakin lama waktu puasa alias menunda berbuka itu adalah kebaikan, karena dari hadits sendiri sudah disebutkan bahwa puasa lebih utama yaitu sahur di akhir waktu dan buka puasa di awal waktu.

Tetapi saat menjalankan kedua hal ini kamu harus selalu berhati-hati atau harus melihat waktunya, jangan sampai terlalu mepet dan akhirnya malah membuat pahala puasa kamu berkurang karena melebihi waktu sahur dan mendahului waktu untuk berbuka puasa.

Jadi kamu persiapkan terlebih dahulu makanan dan minumannya setelah itu baru melakukan hal tersebut sesuai dengan perhitungan waktu yang telah disesuaikan. Sehingga akan menjadi lebih aman dalam menjalankannya.

3. Berdzikir di waktu luang atau sela-sela waktu

Saat bulan Ramadhan alangkah lebih baiknya kamu harus selalu mengingat kepada Allah Swt. dengan cara berzikir. Sehingga semua yang kamu lakukan terutama dalam bekerja akan menjadi nilai ibadah bahkan di waktu luang sekalipun. 

Terlebih lagi di bulan Ramadhan yang suasanya menjadi lebih tenang dan mendukung, pasti akan lebih mudah dalam menjalankannya. Kamu juga harus ingat bahwa amalan di bulan Ramadhan ini bisa berkali-kali lipat sehingga kamu tidak merasa rugi.

Selain itu, kamu pastinya juga akan merasa tenang dalam beraktivitas loh. Jika kamu belum terbiasa mungkin diawal akan merasa mengganjal, tetapi jika sudah terbiasa pastinya kamu akan merasakan kenikmatan didalamnya.

4. Berbuka bersama teman-teman atau keluarga

Ini adalah salah satu amalan yang bisa bernilai lebih jika kamu tujukan untuk mengeratkan tali silaturahim yang mengharapkan ridha dari Allah Swt., karena Allah menyukai orang-orang yang menyambung tali silaturahim dan melaknat orang yang memutus tali silaturahim.

Kamu bisa mencari perhatian dari Allah dengan melakukan buka bersama ini di bulan Ramadhan, karena di bulan-bulan lainnya belum tentu bisa mengumpulkan teman dengan mudah.

Meskipun buka bersama ini baik, tetapi kamu juga harus mengetahui adab-adab yang benar seperti jika kamu seorang istri pastinya harus ijin kepada suami terlebih dahulu jangan sampai suami ditinggalkan begitu saja sehingga mencari kemana-mana.

Selain itu juga harus memperhatikan makhram atau tidaknya, jangan sampai ingin melakukan sunnah tetapi malah menerobos larangannya.

5. Mulai merubah soundtrack musikmu menjadi Murrotal Quran

Nah ini adalah tips yang dirasa sangat bagus untuk kamu jika sudah masuk di bulan Ramadhan. Karena dengan cara ini kamu bisa mengingat-ingat firman Allah dengan mudah dengan mendengar Murrotal Quran milik Syeikh yang bagus di seluruh dunia.

Hal kecil ini akan berdampak besar kepada kehidupanmu karena kamu akan menjadi lebih bergairah dalam melakukan kebaikan dan akan berfikir dua kali jika berhadapan dengan kaburukan yang bisa merusak amalan atau pahala puasamu tersebut.

Peluang untuk mendapatkan kritikan akan menjadi berkurang karena di bulan Ramadhan pasti juga banyak orang yang melakukannya sehingga bukan menjadi hal yang minoritas lagi dan orang lain pasti akan respek dengan yang kamu lakukan tersebut.

Nah itulah bagaimana cara memperbanyak amalan di bulan Ramadhan dengan mudah dan pastinya bisa memberikan pahala yang lebih banyak untuk kamu selain pahala dari berpuasa seharian yang menahan lapar, haus, dan hawa nafsu yang mengobar-ngobar itu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memperoleh kebaikan dan prioritas dimata Allah Swt. didalam bulan Ramadhan nantinya.

Subscribe to receive free email updates: