Tips Sederhana tapi Ampuh untuk Mencegah Flu Kalian


Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Flu – Flu, benar-benar penyakit ringan yang sangat menyebalkan yang menyerang disegala usia khususnya dalam usia kanak-kanak. 

Penyakit ini biasanya terjadi karena infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan juga paru-paru sehingga mempengaruhi kinerja alat pernafasan termasuk paru-paru tapi jarang terjadi jika hanya flu saja.

Penyakit flu sangat mudah menular atau menyebar apalagi jika sistem kekebalan tubuh yang tertular sangat lemah. 

Cara penularannya juga mudah yaitu ketika berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, bersin dan batuk menjadi sarana utama bagaimana anda bisa tertular virus ini, sehingga bisa dikatakan bahwa virus ini bisa menyebar melalui sentuhan, atau udara.

Ada cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mencegah flu, dan pastinya bisa anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari karena cara ini bisa dikatakan sederhana, simpel dan mudah dilakukan bahkan untuk seorang anak TK sekalipun. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot memakan obat pencegah flu, antibiotik jika dengan tips sederhana saja flu bisa dicegah. 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Anda tahu bukan apa penyebab flu? Ya itu adalah kuman yang ada didalam tenggorokan khususnya. Dan kenapa harus air putih yang digunakan karena air putih memang dikenal sebagai air yang memiliki banyak manfaat dan diantaranya dapat membantu mencegah dan meredakan flu. 

Konsumsi terus air putih secara rutin untuk untuk tetap terjaga dari kuman di tenggorokan dan untuk membersihkan kuman yang sudah ada.

2. Konsumsi Minuman Hangat

Setelah memperbanyak meminum air putih, ada saatnya untuk meminum minuman hangat secara rutin. Bisa air putih hangat, teh hangat, atau juga kopi hangat. 

Dan mungkin ada pertanyaan kenapa harus minuman hangat, hal ini karena ketika seseorang sedang flu, akan ada banyak sekali cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan juga keringat. Dan meminum minuman hangat akan dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Tetapi, jika hanya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, mungkin air dingin juga bisa difungsikan. Tidak seperti itu. Cairan hangat yang diterima oleh tubuh juga dapat mengurangi hidup tersumbat, mencegah terjadinya dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mungkin terganggu karena flu. Uap dari minuman panas atau hangat juga bisa digunakan untuk mengencerkan lendir, jadi, minuman hangat ya, bukan minuman dingin.

3. Istirahat Penuh

Ketika kita sedang flu, tubuh yang lemas dan lemah akan kita rasakan dan itu sudah menjadi kodrat alam. Jika kita tetap beraktifitas, kekebalan tubuh akan terus melemah dan flu bisa dengan mudah mengusai tubuh. 

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda melakukan istirihat secara penuh agar energi dalam tubuh terkumpul dan sistem kekebalan tubuh mampu memerangi penyakit flu tersebut.

4. Minum Madu dan Jahe

Anda tahu bukan betapa manfaatnya madu untuk kesehatan apalagi jika dipadukan dengan jahe, pasti akan sangat luar biasa manfaatnya nanti khususnya dalam memerangi flu. 

Caranya juga cukup mudah, pertama anda cukup sediakan minimal 2 ruas jahe, parut dan campurkan dalam cairan madu tersebut, konsumsi ramuan ampuh tersebut minimal 3 kali sehari dan rasakan perbedaannya.

5. Tetap Jaga Pola Hidup Sehat

Yang terakhir agar anda tetap sehat dari flu, tetap menjaga pola hidup sehat adalah cara paling ampun yang dapat mencegah anda dari serangan flu. 

Tetap makan yang rutin, jangan sering kelelahan, dan tetap dalam lingkungan yang bersih dan sehat. Jangan sering kelur jika debu berhamburan karena musim kemarau. Dan tidak lupa, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah poin utama yang jangan dilupakan.

Nah, mungkin itulah beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mencegah flu atau meringan flu, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: