Google Update Algoritma Penelusuran Broad Core pada 12 Maret


Google Update Algoritma Penelusuran Broad Core pada 12 Maret - Menjadi sebuah perusahaan raksasa yang memegang kendali atas mesin penelusuran kondang tidak membuat google santai-santai saja dengan membiarkan semuanya berkembang atas maunya sendiri.

Untuk membatasi tindakan yang " maunya sendiri " tersebut, tentunya google beserta sistem canggihnya tidak akan tinggal diam. Bagaimana tidak, banyak spammer yang nangkring di halaman google, AGC, bahkan konten tidak bermutu pun terkadang juga ada pada halaman satu google.

Kemudian..

Dirilislah bermacam-macam algoritma google dari tahun ke tahun. Algoritma itu sendiri juga akan menyaring beberapa situs untuk ditempatkan pada mesin pencari dengan mementingkan suatu kriteria secara khusus dalam menilai sebuah website itu sendiri. Misalnya,

  • Panda ( 24 Februari 2011 ), yang secara khusus berfokus pada soal duplikasi/ plagiat, tipisnya konten, spam yang disengaja oleh pemilik, dan keyword stuffing ( memperbanyak keyword pada 1 artikel tertentu )
  • Penguin ( 24 April 2012 ), fokus utama dari update algoritma satu ini adalah tentang link yang tidak relevan/ bersifat spam dan anchor text yang terlalu teroptimasi alias terlalu berlebihan.
  • Hummingbird ( 22 Agustus 2013 ), kemudian untuk membantu Algoritma Panda yang terkesan sudah usang, google kembali meluncurkan algoritma ini dengan berfokus pada soal konten yang berkualitas rendah dan keyword yang berlebihan.
  • Pigeon ( 24 Juli 2014 ), kemudian dilanjutkan dengan " menjajal " kriteria baru dalam penyaringan sebuah website, yaitu dengan berfokus pada kualitas on-page dan off-page yang kurang teroptimasi (SEO).
  • Mobile ( 21 April 2015 ),  dengan banyaknya pengguna smartphone pada tahun 2015, google pun meluncurkan algoritma yang berfokus dengan aksesbilitas sebuah website melalui smartphone.
  • RankBrain ( 26 Oktober 2015 ), algoritma ini sendiri sebenarnya masih dalam bagian Hummingbird dan merupakan sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memahami arti di balik setiap kueri, dan menyajikan hasil pencarian yang paling sesuai untuk pencarian pada para audiens.
  • Possum ( 1 September 2016 ), fokus utama dari update algoritma satu ini adalah soal penempatan sebuah website sesuai dengan lokasi lebih spesifik yang ditargetkan oleh sang penelusur.
  • Fred ( 8 Maret 2017 ), adalah sebuah algoritma, yang secara khusus menangani tentang " mereka " yang memiliki sedikit konten akan tetapi memiliki banyak affiliate alias berfokus pada iklan.

Well, kemudian pada tahun 2018, google yang melalui twitternya secara gamblang mengumumkan algoritma baru bernama Broad core Algorithm.


Nah sayangnya, google tidak menjelaskan secara rinci bagaimana kerja dari algoritma baru tersebut, yang mana,  hal tersebut tentunya menjadi sebuah pertanyaan kepada pada blogger di seluruh dunia, " Apa yang perlu kita benahi? "  dan jawabannya adalah masih misteri.

Kemudian seiring berjalannya waktu, algoritma tersebut terus mendapatkan update dari google untuk meningkatkan kerja sistem menjadi lebih bagus.


Lalu, Apa yang Berubah?

Bahkan untuk saat ini, masih terlalu dini dan sulit untuk bisa menebak apa yang telah berubah sejak dirilisnya Algoritma baru ini. Pada forum-forum yang membahas mengenai SEO, ada yang mengatakan bahwa pembaruan ini berfokus pada sebuah website medis, tetapi yang menjadi perdebatan adalah bahwa Google sendiri mengatakan tidak ada terget khusus untuk pembaruannya.

Yang bisa menjadi petunjuk satu-satunya dari google adalah 

" Each day, Google usually releases one or more changes designed to improve our results. Some are focused around specific improvements. Some are broad changes. Last week, we released a broad core algorithm update. We do these routinely several times per year. "

Keluhan Penurunan Serp 

Nah setelah pada perilisan Algoritma Broad core yang diiringi dengan beberapa update rutinnya, banyak "blogger" atau pemilik situs lainnya yang mengeluh terhadap kehilangan posisi mereka pada mesin pencari google.

Lalu, setelah saya coba telusuri twitter yang berkaitan dengan hal tersebut, ternyata inilah jawaban dari google :


Kesimpulan

Setelah mendapatkan beberapa petunjuk dari google, sebenarnya ada beberapa poin yang bisa simpulkan untuk update kali ini.

  • Update kali ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian kepada para penelusur.
  • Jika situs kalian atau beberapa artikel kalian kehilangan posisi pada mesin mencari, hal tersebut bukan karena algoritma ini tetapi karena pure kualitas konten yang perlu diperbaiki.
  • Tidak ada cara untuk memperbaiki kehilangan peringkat tersebut kecuali dengan terus membuat konten yang terbaik, karena mungkin suatu saat nanti konten anda akan kembali naik peringkatnya dan melebihi yang lainnya.

Dan hal yang sepertinya menjadi jawaban dari algoritma broad core ini, memperbanyak konten dengan kualitas terbaik adalah cara "aman" agar kalian terhindar dari penalti yang google berikan. 

Masih belum kepastian secara spesifik apa yang google fokuskan, apa yang google inginkan. Tetapi dari saran google tersebut untuk make a great content merupakan satu-satunya petunjuk yang mereka berikan.

Google seperti wanita ya, penuh misteri..

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: