Cara Menonaktifkan Berbagai Macam Ekstensi Adblock


Cara Menonaktifkan Berbagai Macam Ekstensi Adblock - Ekstensi atau pengaya adalah sebuah fitur tambahan ( add ons ) yang bersifat untuk membantu pekerjaan dari browser itu sendiri, entah firefox maupun chrome dan browser lainnya.

Ekstensi sendiri eksistensinya pada browser bersifat sebagai pihak pendukung, sehingga akan banyak ekstensi yang dibagikan diseluruh dunia.

Kenapa?

Karena browser  memiliki banyak sisi yang perlu didukung. Mulai dari keamanan, desain, fitur, bahkan ketidak sempurnaan sebuah browser yang bisa disempurnakan menggunakan ekstensi yang tak lain adalah fitur untuk memblokir iklan.

Dalam memblokir iklan, biasanya fitur bawaan hanya akan memblokir pop up ( iklan yang terbuka di tab baru ). Karena memang mengganggu, jadi sudah sewajarnya diblokir, bukan begitu?

Nah, apa jadinya jika semua iklan yang ada pada website tersebut terblokir padahal tidak mengganggu? Contohnya adalah google adsense yang notabenenya hanyalah sebuah iklan dari google berbentuk banner dan pastinya tidak mengganggu.

Itulah kenapa banyak para publisher yang menganggap menggunakan sebuah ekstensi pemblokir iklan tidaklah relavan. Bisa dianalogikan bahwa "kita" yang menggunakan adblock akan menghambar sumber rejeki orang itu.

Tapi memang benar, itulah kenapa kita harus mematikan adblock kita. Toh, masalah iklan menggangu seperti pop up, bukankah browser kita sudah bisa menanganinya sendiri? Lalu, bagaimana cara mematikan ekstensi adblock? berikut caranya :

Cara Mematikan atau Mempause Ekstensi Adblock

Banyak ekstensi adblock yang disediakan di jagat online ini. Menawarkan fitur inti yang sama untuk memblokir iklan. 

Di tutorial kali ini, saya akan memasukan ekstensi bernama adblock, adblock plus, adguard, adblock uc. Keempat tersebut merupakan ekstensi yang paling populer saat ini karena memang terbukti efektif untuk memblokir. Tanpa basa-basi lagi, berikut caranya :

A. AdBlock

AdBlock adalah ekstensi untuk pemfilteran konten dan pemblokiran iklan untuk beberapa browser seperti chrome, firefox dan juga opera. AdBlock memungkinkan pengguna untuk mencegah munculnya beberapa elemen sebuah situs yang tak lain salah satunya adalah iklan. Cara mematikannya cukup mudah.

1. Buka browser kalian

2. Klik logo AdBlock yang terpampang jelas di bagian bar browser kalian.


3. Dan setelah itu kalian akan disuguhkan dengan beberapa pilihan.

4. Pilih pause on this site.


Keterangan :

  • Pause on this site : Kita hanya menonaktifkan adblock hanya pada situs tertentu saja, lebih tepatnya situs ketika kita sedang kunjungi tersebut.
  • Pause on all site : Kita menonaktifkan ekstensi ini untuk semua situs web, kalian juga bisa menghidupkannya kembali

5. Selesai, mudah bukan?

B. AdBlock Plus

Sebuah ekstensi yang menyerupai adblock, tetapi sesuai embel-embel namanya yaitu "plus", AdBlock Plus memang menawarkan beberapa fitur tambahan yang pastinya membantu keamanan kalian. Lalu, bagaimana cara kita menonaktifkan ekstensinya? Caranya sama,

1. Pertama, kalian klik ikon yang ada pada menu bar browser kalian

2. Switch Off.


3. Mudah bukan, selain itu ada beberapa fitur tambahan seperti yang sudah saya katakan tadi. Salah satunya adalah fitur untuk memperkuat privasi kita ketika browsing.


C. AdGuard

Kalo adblock ada versi plus'nya, mungkin AdGuard bisa dikatakan versi plus-plus'nya dari AdBlock itu sendiri. Bagaimana tidak, fitur yang ditawarkan hampir seperti antivirus untuk browser itu sendiri. 

Adguard adalah sebuah ekstensi dan ada versi softwarenya yang menjadikan kamu untuk browsing dengan nyaman dan aman tanpa iklan atau pun iklan pop-up. Selain itu, versi softwarenya juga mampu melindungi kalian dari malware loh. 

Cara menonaktifkan adguard :

1. Klik ikon adguard di menu bar ( ikon yang berwarna hijau )

2. Kalian bisa tekan tombol pause, atau tinggal switch off saja.


3. Selesai, sebenarnya masih ada banyak fitur yang disediakan oleh adguard ini, dan bahkan lebih banyak dari adblock plus itu sendiri. Tapi tidak mungkin juga saya menjelaskannya semuanya disini karena tutorial kali ini hanya berfokus pada " Cara Menonaktifkan ", bukan mereview sebuah ekstensi.

Oh iya, adguard juga ada versi aplikasi androidnya yang bisa kalian download melalui playstore dan sayangnya, adguard versi android ini hanya support pada Yandex Browser saja.

D. Uc Browser AdBlocker

Nah, sekarang kita menuju pada adblock bawaan yang ada pada browser berat bernama uc browser. Kenapa saya katakan berat, karena smartphone dengan RAM 4GB terkadang masih mengalami "keberatan" ketika membuka browser ini, tidak tahu untuk kasus kalian. 

Di Uc Browser ini, terdapat sebuah fitur adblock yang sebenarnya memang berguna ketika berselancar di situs yang banyak iklan mengganggu, tetapi jika sewaktu-waktu kalian ingin mematikannya, berikut caranya :

1. Buka uc browser kalian.

2. Kemudian klik menu pada bar bawah.


3. Buka ekstensi adblock dengan membukanya secara manual pada Menu tadi.


4. Sekarang kalian switch off pada bagian Ad-Blocker dan Ad-Blocker yang kuat


5. Selesai, bagaimana mudah bukan?  Itulah salah fitur unggulan yang UC browser punya, kalian tidak memerlukan sebuah aplikasi eksternal untuk memblokir iklan yang ada.

Ada beberapa alasan kenapa kalian harus mematikana adblocker kalian, salah satunya adalah untuk menghormati yang pemilik situs dan untuk mengunjungi situs yang memasang anti adblock itu sendiri.

Baca : Memasang Notifikasi Adblock

Jadi jika situs tidak memasangnya, sebenarnya juga hak kalian untuk menggunakan adblock itu jika iklannya memang menggangu.

Nah, mungkin cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: