Perbedaan Jelas Antara Manga, Manhwa, dan Manhua


Perbedaan Jelas Antara Manga, Manhwa, dan Manhua - Apakah anda seseorang yang hobi sekali membaca komik? entah itu melalui online ataupun melalui buku yang kalian beli? jika iya, apa sih judul komik yang sering kalian baca? Apakah itu komik bergenre action, romance, ataupun yang bergenre gore? Tidak ada yang membatasi untuk menjalankan hobi kalian.

Nah komik sendiri memiliki pengertian yaitu media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Komik sering mengambil bentuk urutan panel yang disandingkan ( wikipedia ).]

Setelah mengetahui apa itu komik, sekarang komik itu ada beberapa macam jenis loh. Ada manga, ada manhwa, ada juga manhua yang semuanya memiliki perbedaan yang cukup krusial yang mana kita bisa membedakannya dengan mudah setelah mengetahuinya. Mau tahu apa saja itu? berikut adalah perbedaannya :

1. Asal Negara

Berdasarkan asal negaranya, ketiga jenis komik yang berbeda ini memiliki sebuah perbedaan yang cukup jelas,

  • Manga : Berasal dari negara sakura yaitu Jepang
  • Manhwa : Berasal dari negara dengan cowok cewek ganteng Korea
  • Manhua : Dan manhua berasal dari negara yang cukup terkenal dengan bela diri kungfu yaitu China

2. Cara Baca

Nah ini yang patut kalian ketahui juga, jangan sampai salah membaca urutan panel dari komik tersebut sehingga kalian bisa memahami alurnya dengan benar. Oke,

  • Manga : Biasanya cara membacanya adalah dari panel kanan ke kiri
  • Manhwa : Untuk memahami alurnya, kita perlu membaca dari panel kiri ke kanan
  • Manhua : Dan untuk manhua sama seperti manhwa, dari kiri ke kanan

3. Kualitas Gambar

Nah untuk kualitas gambar disini, terjadi perbedaan yang cukup bisa kita ketahui dengan mata kepala sendiri lah.

  • Manga : Biasanya gambar bewarna hitam putih.
  • Manhwa : Biasanya orang yang ada di gambar dibuat keren-keren dan berwarna serta memiliki panel yang besar-besar sehingga kita tidak kesulitan untuk membacanya.
  • Manhua : Memiliki gambar yang bewarna, ukuran panel yang relatif cukup kecil sehingga terkadang terjadi kesulitan dalam membaca.

4. Alur Cerita

Dari isi cerita sendiri, sebenarnya alur dari komik tergantung pada genrenya. Tetapi, kita memiliki perbedaan yang mencolok antara ketiganya ini.

  • Manga : Manga biasanya memiliki alur campuran serta kita perlu waspada terhadap " sad ending " setelah melewati chapter yang panjang
  • Manhwa : Memiliki cerita yang cukup panjang, tergantung adaptasinya kemudian biasanya disertai bumbu romance walaupun tergantung genre.
  • Manhua : Memiliki alur cerita yang biasanya mudah ditebak serta kombinasi action dan romance yang cukup.

5. Karakter

Karakternya sendiri tentu berbeda dong diantara ketiganya ini. Mulai dari manga, manhwa, ataupun manhua, semuanya memiliki perbedaan yang cukup jelas.

  • Manga : Memiliki namanya kejepang-jepangan serta mudah diingat.
  • Manhwa : Memiliki nama keren ala korea yang pastinya sulit untuk diingat
  • Manhua : Tidak perlu ditanya lagi, yang jelas nama ala china gitulah.

Nah, itulah beberapa perbedaan yang ada diantara manga, manhwa, dan juga manhua. Mereka semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing kok. Tapi menurut yang yang paling keren adalah manhwa. Karena apa? karena ceritanya yang keren, episode yang tidak terlalu panjang, karakter yang keren, serta bumbu romance yang cukup dan gambar yang kualitasnya baik.

Jika kalian bingung tentang komik apa yang ingin kalian baca secara online, agan sekalian bisa kunjungi : List Manga/Manhwa/Manhua Terbaik 2019. Disitu, kalian bisa menemukan list komik terbaik yang sudah saya baca dengan main character yang badass. 

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: