Rekomendasi Game MMORPG/RPG Untuk Smartphone Terbaik


Rekomendasi Game MMORPG/RPG Untuk Smartphone Terbaik 2019 - Hmmm, kayanya, tahun 2019 ini memang tahunnya para gamers deh. Bagaimana tidak, esport tahun ini sangat berkembang pesat, banyak game-game baru yang siap menggugah nafsu kalian dan tidak lupa banyak drama diantara pada gamersnya itu sendiri. Benar-benar menarik bukan? Mulai dari eksistensi game yang menonjol hingga meredupnya konten selain game.

Oke, berbicara tentang game, yang popular saat ini selain Battle royale dan MOBA adalah sebuah game bergenre MMORPG/RPG. Bagaimana tidak, kebanyakan manga,manhua,manhwa pun juga banyak yang mengambil tema dengan sistem mmorpg seperti webtoon The Gamers dan masih banyak lagi. Memang game MMORPG memberikan kesan tersendiri untuk para playernya dimana kita bisa membuild karakter sendiri dari awal hingga akhir.

Banyak sekali game MMORPG yang ada di dunia gaming ini, saking banyaknya, untuk mendapatkan pemain, para developer terpaksa untuk beriklan dimana-mana. Mulai dari jejaring sosial hingga youtube dengan menyewa para youtuber untuk mereviewnya. Akan tetapi, yang membuat game ini serasa tidak adil adalah karena kebanyakan MMORPG memiliki sistem tak kasat mata yaitu " pay to win/p2w ". 

Pay To Win sendiri adalah sistem dimana jika kita memiliki banyak uang atau sultan, kita bisa dengan mempermudah untuk memperkuat karakter yang kita miliki dengan membeli item cash yang ada ditoko. Itulah kenapa, banyak para sobat misqueen yang berhenti bermain game RPG dikarenakan kalah saing dengan para top global yang sultan. Tapi tenang saja, kalian bisa mencoba beberapa game yang saya sarankan dibawah ini meski beberapa ada yang p2w, tetapi dijamin, kalian tidak akan menyesal deh.

5. Legacy of Discord


Game ini memang populer yang mana total unduhan pada playstore saat ini sudah mencapai 10 juta lebih dan server barupun selalu ramai dengan para pemain yang baru pula. Grafis yang tidak terlalu buruk dan sedap dipandang mata bisa menjadi poin plus dari game ini karena effect-effect skill yang keren pula. Untuk gameplay masih menggunakan kamera 2D yang memiliki keuntungan mudah untuk mengontrol, akan tetapi, salah satu kelemahan dari game ini adalah pay to win banget.

Kriteria Nilai
Grafis 3,5
Gameplay 4
Effect 4
Cerita 4

4. HIT - Heroes of Icredible Tales


Wah game ini sih gausah ditanya lagi grafisnya gimana sobat. Dengan mesin unreal engine 4, grafis yang dihadirkan oleh game MMORPG Satu ini terbilang menawan. Effect dan gameplaynya pun tidak kalah seru. Hanya saja dari segi peforma, game ini terbilang berat, bahkan akan sangat cepat membuat smartphone kalian panas dan terkutas baterainya. Tetapi tenang, kalian bisa membatasi waktu untuk bermain game ini bukan? salah satu kelemahan dari game adalah cerita yang sedikit berantakan. Bahkan dalam mode PvP Arena, Lvl 20 saja bisa bertemu dengan Lvl 50, apakah ini adil?

Kriteria Nilai
Grafis 5
Gameplay 4,5
Effect 4,5
Cerita 3

3. Lineage 2 Revolution


Apakalah kalian tau? HIT dan Lineage 2 Revolution merupakan game MMORPG dengan grafis yang menawan dan kreator yang sama loh. Mesin yang digunakan untuk membuat game ini juga sama yaitu unreal engine. Menawarkan grafis yang ajib serta sistem PK membuat game ini menjadi kesukaan tersendiri bagi para playernya. Game ini juga cukup berat, kalian perlu RAM 3 GB untuk menjalankan game ini dengan gameplay yang maksimal loh.

Kriteria Nilai
Grafis 4,5
Gameplay 4
Effect 4
Cerita 4

2. Dragon Nest Mobile


Apakah kalian ingat dengan dragon nest game PC yang dulu sempat kondang? apakah kalian salah satu pemainnya? Jika iya, kalian sekarang tidak perlu repot-repot lagi untuk memainkan game ini. Sekarang versi mobilenya sudah rilis loh. Dengan menawarkan sistem yang hampir serupa, dragon nest mobile cukup populer apalagi setelah Gamer Ganteng Idaman memainkan game ini dan sering pamer akun kepada followernya.

Kriteria Nilai
Grafis 3,5
Gameplay 4,5
Effect 4,5
Cerita 5

1. Hundred Soul


Nah, game Hundred soul adalah game yang saya mainkan untuk saat ini. Game ini masih belum tersedia di negara Indonesia, jadi kalian perlu mendownload secara tidak resmi di situs download game apk yang tersedia banyak di google. Hundred soul sendiri diprediksi akan menjadi rajanya dari MMORPG dengan action dan grafis yang sangat memukau. 

Pihak developer, Hound 13 membuat gameplaynya mirip dragon nest PC karena kerja samanya dengan eyedentity. Kalian tidak akan rugi setelah menjajal game ini, game ini sendiri tidak pay2win, kalian hanya memerlukan cash untuk membeli kostum, selebihnya tidak ada.

Kriteria Nilai
Grafis 5
Gameplay 5
Effect 5
Cerita 4

Video Preview : 


Nah, bagaimana sobat? apakah ada yang kurang memuaskan dari daftar diatas? atau ada yang ingin ditambahkan? kalian bisa komentar saja dibawah. Mungkin cukup sekian rekomendasi kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: