15 Tips Agar PUBG Mobile Kalian Tidak Lag dan Patah-Patah


Cara Mengurangi LAG atau Patah-Patah di PUBG Mobile - Ininih, siapa yang sering ngelag pas lagi main pubg? alasan yang sering kalian lontarkan ketika main tidak maksimal atau kalian mati duluan kan? Lag berati ada 2 faktor, yang pertama karena internet kalian yang lola atau bisa jadi karena smartphone kalian yang spesifikasinya kentang untuk pubg.

Lag memang sangat menyebalkan ketika bermain game pubg sobat, jika internet yang delay dan tiba-tiba ada musuh, kalian bisa langsung saja mati tanpa berkutik ataupun beradu aim dengan dia, ada pula jika frame rate kalian ngedrop hingga 15 fps, boro-boro mau ngekill, ngeaim aja susah.

Ketika momen sakral tersebut, kata-kata mutiara pasti keluar tuh sobat, mulai dari hewan tidak bersalah, hingga menyalahkan teman atau membanting HP parahnya. Ketika hal tersebut jadi, kalian tidak perlu risau, sebenarnya ada loh untuk menghilangkan, mengurangi lag dari game pubg sobat tersebut, mau tau caranya? berikut :

1. Hapus Cache

Tidak hanya pubg mobile, semua aplikasi dan semua game jika cachenya menumpuk dan berantekan tentu akan membuat lag aplikasi tersebut. Menghapus cache berati seperti memainkan game kalian seperti pertama kali data didownload. Cara untuk menghapus cache juga tidak sulit, kalian cukup ke manajer aplikasi, pergi ke aplikasi pubg kalian, dan pilih hapus cache, ingat jangan hapus data.

2. Hapus PUBG, Download Ulang!

Cara 1 masih kurang ampuh? cobain cara kedua ini. Memang terbilang greget tapi beberapa orang berhasil ketika mencobanya. Hal ini bisa disebabkan karena data PUBG yang corrupt, saling bertabrakan, atau bahkan karena virus, jadi sangat direkomendasikan untuk mendownload ulang kemudian mendownload data lagi, tidak masalah bukan? kan ada wifi atau paketan malam, hehe.

3. Upgrade ke Android yang Kompatibel dengan PUBG

Apapun gamenya, jika tidak kompatibel atau belum mendukung tetapi dipaksakan untuk memainkan gamenya pasti tidak ada optimasi dan lag. Seperti halnya fornite, bahkan snapdragon 820'pun tidak bisa memainkannya, karena apa? karena android tersebut belum teroptimasi, kecuali jika sudah snapdragon 845. Begitu juga PUBG, jika android kalian memang belum mendukung, sebaiknya tidak perlu dipaksakan dan solusinya mudah, upgrade atau ganti hp.

4. Pastikan Koneksi Lancar

Sekarang kita beralih kemasalah internet. Jika smartphone kalian terasa tidak ada masalah, mungkin kalian cek deh sinyal internet kalian atau koneksi wi-fi kalian. Apakah terjadi delay? atau berapa latency yang muncul, apakah diatas 200++? jika iya, coba kalian matikan terlebih dahulu data atau wifi, kemudian nyalakan ulang, jika masih tetap, saya rekomendasikan kalian menggunakan paket kecepatan yang lebih tinggi lagi. Untuk pengguna kuota, telkomsel sangat direkomendasikan.

5. Pilih Server yang Benar

Koneksi padahal sudah lancar sih, tapi kok masih lag? nah ininih, pastikan kalian tidak salah pilih server ya. Server yang Indonesia mainkan itu Asia, bukan amerika dan eropa bambang. Jika kalian memilih bermain disana ya jelas delay dong, internet indonesia belum ada yang mendukung hingga ke benua lain, jadi harap dimaklumi kecuali jika kalian memang sedang liburan disana ( benua lain ). Solusinya juga mudah, cukup switch server di Asia. 

6. Grafis Jangan Belagu

Sesuaikan saja grafis sesuai spesifikasi android kalian, tidak perlu yang tinggi-tinggi asalkan gameplay kalian nyaman. Disini admin menggunakan settingan smooth dengan frame rate extreeme dimana sangat nyaman ketika digunakan. Jika ram kalian 2 gb dan snapdragon 435,  jangan coba-coba bermain di settingan high atau hdr, nanti malah kalian tidak nyaman sendiri memainkannya. GFX tool mungkin juga akan membantu kalian untuk menggunakan frame rate extreeme.

7. Ikuti Update Developers

Jangan jadi sobat missqueen kuota dimana jika update harus menunggu ada wifi atau hotspot gratis. Jika kalian memang menginginkan pubg kalian nyaman dimainkan, tentunya kalian harus senantiasa mengikuti update yang diberikan. Tidak lama ini sudah ada update vikendi? apakah sobat sudah mengupdatenya? jangan bilang belum karena dibalik update, pengembang juga pastinya memperbaiki bug-bug yang ada.

8. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kalian sudah menggunakan gfx tool, tidak ada salahnya kalian coba aplikasi pihak ketiga seperti game booster mungkin dampak yang dihasilkan tidak terlalu besar, tapi saya pernah mencobanya dan alhasil smartphone saya tidak terlalu panas seperti biasanya. Aneh tapi nyata ya, tapi kalian juga jangan asal pilih. Coba liat review atau komentar terlebih dahulu, baru deh kalian download. Jika kalian asal pilih, pubg anda tidak akan berubah, justru smartphone kalian yang berubah karena kemasukan virus atau adware :v.

9. Hindari Bermain Sambil di Charge

Saya tahu kok, kalian pasti sering bermain pubg sambil dicharge. Hal tersebut tentu  membuat smartphone kalian cepat rusak, panas dan pastinya membuat lag ketika untuk bermain pubg. Tidak percaya? kok bisa? bukankah kalian sering membuktikkannya sendiri? apa kalian mati rasa sehingga tidak merasakan adanya perubahan ketika sambil dicharge? Solusinya juga mudah, kalian cukup hindari bermain sambil dicharge, simpel.

10. Jangan Cheat atau Bermain Bersama dengan "Cheater"

Tidak hanya karena cheat membutuhkan pemrogaman yang rumit dan beberapa mungkin aplikasi dukungan, cheat juga akan terdeteksi dan pastinya akan membuat smartphone kalian menjadi lelet. Begitu pula jika kalian separty dengan seorang cheater, 1 orang membuat kesalahan, orang banyak juga ikut-ikutan kena. Seperti peribahasa saja ya, haha.

11. Bersihkan dan Matikan Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi latar belakang sangatlah memakan memori ram kalian. Tidak hanya 100mb, bahkan hingga 1gb jika yang kalian buka sosial media semua dan lupa menutupnya. Hal ini tentu menghambat kinerja RAM ketika memainkan game PUBG yang notabenenya memerlukan RAM yang lega untuk memainkannya. Caranya juga mudah, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti greenify karena jika dari close tap saja, biasanya aplikasi sebenarnya tidak berhenti.

12. Pastikan Memori Cukup

Bersihkan sampah dan pastikan memori kalian cukup dan lega. Jujur saja, android kalian akan semakin lemot jika memori kalian penuh karena apa? karena android kalian perlu waktu untuk membaca data yang ada di memori bukan? Kalian bisa menggunakan aplikasi bawaan untuk membersihkan sampah atau bisa juga dengan aplikasi seperti CCleaner. Cara ini cukup ampun dan terbukti efektif

13. Jangan Main Lama-Lama

Ho-ho, kalian bukan pro player yang butuh waktu latihan cukup intesif kan? gausah ngotot untuk push rank. Cukup bermain dengan waktu yang standar, 1-2 jam saja, kemudian istirahat dan bisa dilanjutkan beberapa jam kedepan. Tidak perlu push rank 12-24 jam nonstop, selain tidak ada gunanya, kalian juga bisa terganggu kesehatannya nantinya. Selain itu, hp kalian juga bisa cepat rusak karena bekerja terus-menerus layaknya manusia.

14. Jangan Bermain Ketika Baterai Dibawah 20% atau Lemah

Untuk pengguna xiaomi dan asus, dibawah 20% berati penurunan peforma dan menuju ke mode hemat. Jika kalian terus memaksakan bermain pada baterai segitu, tidak usah protes jika pubg kalian tiba-tiba lag. Hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa untuk pengguna xiaomi dan asus karena memang berguna untuk menjaga baterai anda ketika lemah. Solusinya mudah, cukup charge hingga penuh dan main kembali.

15. Ganti Smartphone

14 Cara diatas tidak manjur? gunakan cara terampuh dan terefektif saat ini. Ganti smartphone dan belilah yang gaming atau spesifikasinya gahar. Snapdragon 835 atau 845 bolehlah untuk kalian pubg dengan grafis HDR. Tidak punya uang? coba kalian nabung atau bekerja sambilan seperti membuka jasa atau mencoba ranah youtube. Baca : Cara Menjadi Youtuber Terkenal

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian terapkan di kehidupan gaming kalian, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.