Fakta Presiden Soekarno, Sang Proklamator yang Bikin Kamu Bangga


Fakta Presiden Soekarno, Sang Proklamator yang Bikin Kamu Bangga - Siapa sih diantara kalian yang tidak kenal dengan sosok sejati seperti beliau ini? seorang pahlawan yang terkenal dengan perjuangan serta kontribusinya untuk Negara Indonesia dalam mencari kemerdekaan dulu kala, seorang yang seharusnya benar-benar menjadi panutan bagi kebanyakan orang dari anak kecil sampai orang dewasa.

Benar sekali, Dr. Ir. H. Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang pernah menjabat pada periode tahun 1945–1967. Beliau benar-benar memberikan peranan penting terhadap Bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan melawan penjajah Belanda dan juga Jepang. Tak lupa pula, beliau juga merupakan sang proklamator atas nama Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang mana dijadikan hari lahirnya Indonesia.

Dari pelajaran sejarah dari SD hingga SMA, mungkin kalian tidak akan diberikan beberapa informasi yang mungkin tidak muncul dalam pembelajaran, padahal, masih banyak fakta presiden sukarno yang belum ketahui loh. Apa saja itu? berikut beberapa fakta dari beliau :

1.  Bernama Sukarno, bukan Soekarno

Hayo, siapa nih diantara kalian yang mengira kalo nama asli beliau adalah soekarno? pasti banyak juga kan. Awalnya, beliau lahir dengan nama Kusno yang kemudian diganti menjadi Karno karena sering sakit saat beliau kecil. Mengapa diganti? karena dengan tradisi tersebut dipercaya bisa mengubah takdir seseorang menurut adat jawa.

Dalam penulisan latin, di masa Belanda dulu, pantasnya bunyi /u/ ditulis dengan ejaan oe yang kemudian dimasa kepemimpinan Pak Karno, diresmikanlah ejaan baru yang bernama Ejaan Republik Indonesia yang salah satunya mengubah penulisan /u/ menjadi u. Beriringan dengan hal itulah, beliau mengubah cara menulis namanya sendiri dari Soekarno menjadi Sukarno.

2. Memenjarakan Temannya Sendiri

Jikalau buku Bung Hatta diberedel oleh Sukarno, maka nasib dari Sutan Sjahrir lebih buruk dari pada itu. Pada tahun 1962, mantan perdana menteri sekaligus yang menjadi temen seperjuangan Sukarno ini dipenjarakan karena dituduh melakukan konspirasi yang mana bahkan kasus ini tidak pernah disidangkan. Sayangnya, empat tahun setelah itu beliau, Sutan Sjahrir meninggal dunia.

3. Pernah Memerintahkan Eksekusi Temannya Sendiri

Kebanyakan dari kalian pasti tidak tahu mengenai Kartosoewirjo, pendiri Negara Islam Indonesia yang dianggap sebagai separatis yang mana pernah menjadi teman satu kosnya Bung Karno. Hal tersebut pernah terjadi di Surabaya pada tahun 1918-1920 ketika mereka berdua bersama tinggal di rumah H.O.S Tjokroaminoto, Ketua Central Sarikat Islam.

Kemudian, Gerakan NII berkembang menjadi sebuah pemberontakan dimata pemerintah Indonesia. Tepat di tahun 1962, Kartosoewirjo tertangkap dan dengan ijin Sukarno, ia pun dieksekusi mati.

4. Sering Dipenjara

Nah inilah fakta yang sering kalian temukan dibacaan ketika ujian atau yang lainnya, tapi karena kalian malas membacanya, mungkin kalian akan melupakan fakta unik ini. Benar, Sukarno mungkin merasa "puas" dengan pengalamannya dibui sebagai nara pidana politik.

Pertama, beliau pernah dipenjara di Penjara Banceuy, Bandung pada tahun 1929. Kedua, beliau juga menjadi napi di Penjara Sukamiskin, Bandung pada 1930-1931 dan yang terakhir adalah ketika beliau di buang ke Ende, Flores yang kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

5. Seseorang yang Cerdas

Tidak ada yang menyangkal untuk poin no 5 ini. Sukarno memang terbukti cerdas dengan bagaimana ia berpidato dengan lantang, tegas, lancar, bermakna dan bagaimana cara beliau meyakinkan rakyat Indonesia. Benar, Sukarno sendiri adalah seorang poliglot yang mampu memahami sepuluh bahasa, yaitu Jawa, Sunda, Bali, Melayu, Jerman, Belanda, Arab, Perancis, dan tak lupa bahasa Jepang.

Tidak hanya itu loh sobat, Sukarno juga merupakan seorang kutu buku yang mana seharusnya bisa kita terapkan di generasi millenium saat ini. Sukarno juga memiliki ingatan fotografis yang kuat yang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang.

6. Pernah Dianggap Sebagai Antek Asing

Percaya atau tidak? ketika Sukarno dan rekannya, Bung Hatta membantu memprogandakan program-program dari Jepang setelah Belanda menyatakan menyerah, nasib buruk dari romusha selalu saja akan dikaitkan dengan beliau.

7. Selalu Memiliki Pilihan Sendiri

Apakah kalian mengetahui salah satu nilai penting dari Konferensi Asia-Afrika 1955? di momen inilah Gerakan Nonblok dicetuskan. Dalam gerakan ini, berkumpulah negara-negara yang ketika masa perang dingin menyatakan tidak ingin ikut dengan blok barat maupun blog timur.

Sukarno sendiri merupakan salah satu dari lima pendiri Gerakan Nonblok. 4 yang lainnya adalah Josib Broz Tito ( Presiden yugoslavia ), Jawaharlal Nehru ( Perdana Menteri India ), Gamal Abdul Nasser ( Presiden Mesir ), dan Kwame Nkrumah ( Perdana Menteri Pantai Emas Belanda yang sekarang adalah Ghana ).

Oke, mari kita bayangkan saat ini, sebuah pilihan untuk tidak memihak dua blok adalah sebuah keputusan yang amazing. Keduanya memiliki kesamaan, yaitu sebuah blok penjajah. Jadi, daripada memperdebatkan blok mana yang akan dipiha, para bangsa jajahan maupun bekas jajahan ini bersatu dan membuat kelompok mereka sendiri.

Nah, itulah beberapa fakta unik yang mungkin belum kalian ketahui tentang Sukarno, proklamator kita yang patut dibanggakan. Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: