Cara Terbaru Submit Artikel Kalian ke Google Webmaster


Cara Terbaru Submit Artikel Kalian ke Google Webmaster - Google Webmaster merupakan istilah yang tak asing bagi kalangan blogger atau dunia mesin penelusuran. Mulai dari berbagai data penelurusan yang akurat, daftar index, bounce rate, semuanya disajikan dalam google webmaster ini apalagi dengan tampilan barunya. Tanpa googlewebmaster sendiri, blogger merupakan taman yang tak berbunga, sebuah analogi yang sangat cocok, haha.

Berbicara mengenai googlewebmaster, salah satu tujuan dibentuknya adalah agar kita bisa mengirimkan artikel blog kita menuju pesin pencari google agar bisa terindex dan bisa dikunjungi oleh para audiens. Untuk versi lawasnya, dulu submit artikel di googlewebmaster sangatlah mudah, tapi karena sudah diberhentikan, sekarang kita bisa menggunakan cara yang lebih segar untuk melakukannya. Nah, mau tau gimana caranya? silahkan simak artikel ini sampai selesai sobat.

Cara Pertama

Ada dua cara yang akan saja sajikan pada tutorial kali ini, cara pertama adalah menggunakan webmaster versi lawas dan yang kedua ada menggunakan versi anyar. Sebenarnya kalian bisa menggunakan salah satu saja, tetapi tidak ada salahnya juga untuk menggunakan keduanya. Oke, tanpa basa-basi lagi.

1. Kunjungi Google Webmaster Tool menggunakan browser kalian yang sudah terlogin menggunakan akun blogger kalian, jika belum, silahkan login dulu.

2. Pastikan situs anda sudah terpasang kode dari googlewebmaster atau lebih tepatnya sudah terverifikasi.


3. Pilih situs web yang akan kalian kirimkan artikelnya.

4. Pada menu sidebar, pilih Perayapan kemudian Fetch as Google


5. Sekarang, kalian copy'kan url link setelah domain kalian, misalnya " https://www.czign.info/2019/01/drakor.terbaik.saat.ini.html " yang dicopy adalah " 2019/01/drakor.terbaik.saat.ini.html "

6. Pastekan di kolom yang tersedia dan tekan tombol ambil dan pilih minta pengindeks'an.


7. Sekarang kalian tinggal pencet kirim.


8. Ulangi lagi untuk sekali lagi, tapi rubah dari desktop menjadi ponsel cerdas.


9. Selesai. Bagaimana sobat? mudah bukan? sekarang kalian hanya tinggal beberapa menit saja dan artikel anda akan segera terindex jika tidak melanggar ketentuan google. Jika melanggar, mungkin waktu pengindex'an juga akan sedikit lama, jadi tidak masalah asalkan tetap terindex. Bukan begitu?

Cara Kedua

Cara kedua lebih mudah dan sederhana dari cara pertama dan bisa menjadi alternatif yang efisien untuk anda sekalian. Tanpa basa-basi lagi,

1. Pertama, kalian buka situs Google Search Console

2. Copy url artikel blog sobat secara utuh

3. Pastekan di kolom yang sudah sediakan pada situs tersebut.

4. Pilih Request Indexing 


5. Jika sudah terindex, maka akan ada tulisan " Url is on Google ", jika belum ada berati belum terindex. Solusinya kalian bisa meminta ulang index atau menunggunya hingga sudah muncul di google. Saya sendiri sering mengalami waktu index yang lama, entah kenapa setelah saya update postingan baru, artikel yang belum terindex itu tiba-tiba terindex.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa artikel kalian sendiri sulit terindex atau bahkan dalam kasus terparahnya blog kalian malah tidak terindex. Beberapa diantaranya adalah :

  • Situs blog sobat belum terverifikasi oleh Google Webmaster
  • Artikel yang mengantung unsur kebencian dan melanggar peraturan google
  • Anda lupa untuk mengirim sitemap 
  • Website yang diblokir oleh robot.txt
  • Duplikasi konten yang berlebihan atau tidak origninal sama sekali
  • Blog kalian mengalami masalah internal seperti down dan yang lainnya

Untuk solusinya, saya akan segera bahas satu persatu tapi juga membutuhkan waktu untuk menulisnya ya sobat. Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon dimaafkan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: