10 Hal yang Mesti Kamu Lakukan Ketika Ingin Menjadi Youtuber


10 Hal yang Musti Kamu Lakukan Ketika Ingin Menjadi Youtuber - Di ranah online yang serba modern ini, persaingan kehidupan juga terjadi disini. Mulai dari bisnis online, marketing, semuanya terjadi persaingan. Pemasaran yang handal, strategi yang ampuh selalu saja dipertimbangkan untuk sukses di dunia maya.

Berbicara mengenai ranah online, youtube bisa menjadi sumber penghasilan yang termasuk dari zona aman daripada harus saling bersaing. Hanya dengan membuat video dirumah, upload, dan dapatkan adsense tanpa harus merugikan pihak lain, bebas dari persaingan kecuali haters yang pasti akan selalu ada nantinya.

Anda ingin terjun ke dunia youtube? seharusnya ada hal-hal yang patut kalian lakukan terlebih dahulu, apa saja itu?

1. Pikirkan Apa yang Ingin Dicapai

Sebelum anda melakukan apa pun, pasti terdapat sebuah tujuan bukan sebelum kita melakukannya? Begitu pula ketika kita ingin mencoba berkarir di youtube, tentukan impian yang ingin  dicapai melalui youtube tersebut.

Ini akan membantu Anda untuk menentukan jenis video apa yang ingin Anda buat dan menentukan khalayak yang tepat untuk konten Anda.

Memiliki tujuan dari awal berarti kita membuat konten yang dipastikan audiens menginginkannya. Jika konten anda berkualitas, maka tak heran banyak yang berlangganan di channel youtube anda secara loyal.

2. Mulailah Membuat Channel

Disini, kalian akan sangat membutuhkan akun Google untuk memulai saluran YouTube anda. Setelah berhasil membuat sebuah akun google, kalian bisa langsung mempergunakannya untuk youtube, tapi kalian juga memerlukan akun google+ untuk kebutuhan sharing, nama channel, dan juga menjadi syarat mutlak untuk membuat channel youtube.

Nah, kalian akan langsung diarahkan ke channel youtube kalian pribadi. Disana banyak fitur yang bisa anda buka secara manual seperti monetize, streaming, custom url, dll.

Sebelum kalian memulai untuk berpromosi, sangat disarankan bila berbenah terlebih dahulu agar kesannya tidak memalukan ketika dikunjungi oleh audiens nanti.

Berikut beberapa hal penting yang sepatutnya harus kalian persiapkan :

a. Ikon
Unggah logo perusahaan, atau mungkin foto kalian pribadi jika channel personal, atau mungkin logo yang sangat mewakili tentang anda. Untuk pembuatan logo, kalian bisa menggunakan software editing seperti corel dan photoshop atau menggunakan jasa jika memang menginginkan logo pribadi tapi tidak bisa membuat.

b. Biodata
Bagikan deskripsi singkat tentang channel yang anda buat, jangan lupa untuk tautkan channel kalian ke sosial media kalian yang aktif. Bisa instagram, facebook, twitter dan yang terpenting adalah situs web ( jika ada ) agar para audiens channel kalian bisa mendapatkan konten tertulis yang kalian berikan melalui website.

c. Sampul 
Tidak hanya logo, tapi sampul juga berpengaruh penting  untuk memikat para audiens. Responder yang terpikat dengan sampul otomatis penasaran dengan video yang kalian buat. Buatlah sampul semenarik mungkin untuk mewakili channel youtube anda secara keseluruhan dan tidak perlu berlebihan pula.

Jangan lupa, desain sampul juga harus responsive, artinya bisa dilihat secara baik di perangkat manapun. Misalnya TV, Smartphone, Laptop, gunakan dimensi yang tepat. Ingat, tak perlu berlebihan, cukup yang sederhana dan menarik.

3.  Mulailah Membuat Beberapa Video

Inilah bagian yang sebenarnya paling menyenangkan. Siapkan peralatan yang kalian miliki, bahkan walaupun hanya dengan smartphone. Buatlah video yang menarik dan pastinya bermanfaat untuk para audiens anda.

Ingat untuk percaya diri dan juga bahagia ketika didalam video, maka audiens juga akan ikut dalam aura kebahagiaan anda. Jika kalian marah-marah atau mungkin lesu, mungkin yang menonton juga akan bosan dan jengkel dengan anda.

4. Buat Daftar Putar

Setelah anda membuat beberapa video, kelompokkan semuanya dalam berbagai kategori dalam daftar putar di saluran youeube anda..

Bahkan jika anda hanya baru memiliki beberapa video

Daftar putar juga akan mendorong orang-orang untuk menonton lebih banyak video Anda karena mereka akan melihat daftar video Anda yang lain dalam rangkaian ini, yang membuat konten Anda lebih episodik. Pemutaran otomatis melakukan pekerjaan yang baik untuk menarik pemirsa untuk menonton banyak video, tanpa upaya dari pihak mereka.

Salah satu fitur saluran YouTube favorit saya adalah Anda diberi opsi memiliki daftar putar yang ditampilkan di laman saluran YouTube Anda. Anda tidak hanya dapat mengatur dan mengkategorikan konten Anda, tetapi Anda juga dapat menyoroti video yang paling menarik perhatian dan menjadi kreatif dengan presentasi.

5. Mulailah Berpromosi

Meskipun video Anda mungkin mendapatkan lalu lintas melalui penelusuran saja, jangan ragu untuk mempromosikan video Anda melalui saluran online Anda yang lain.

Orang-orang yang telah terhubung dengan Anda di Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram, dan Pinterest cenderung akan menghargai video baru Anda juga.

Dan jangan lupa tentang email! Menyertakan video dalam email Anda berikutnya adalah cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan Anda dan mengarahkan lalu lintas ke halaman YouTube Anda.

6. Analisis Data Anda

Setelah mulai menempatkan video Anda di luar sana, pergi dan intip bagaimana orang-orang terlibat dengan mereka.

Idealnya, Anda ingin orang-orang menonton video Anda sampai akhir. YouTube Analytics dapat menunjukkan kepada Anda apakah orang mematikan video Anda pada titik tertentu melalui laporan Retensi Pemirsa. Ini adalah cara yang bagus untuk mengukur apakah durasi video Anda benar. Video yang lebih pendek dan lebih menarik sering kali paling efektif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang semua kategori dan fitur YouTube Analytics yang dapat Anda gunakan, lihat pos saya tentang memahami YouTube Analytics.

7. Tetap Terlibat Dengan Audiens Anda

Jangan hanya mengunggah video Anda dan lupakan saja. Lapor masuk untuk melihat apakah orang berkomentar. Menanggapi pertanyaan atau komentar orang-orang dapat membuat percakapan yang membantu pemirsa Anda belajar lebih banyak tentang perusahaan Anda dan topik video Anda.

Mereka tidak hanya dapat belajar dari Anda, tetapi Anda dapat belajar dari mereka tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pemirsa Anda. Setiap komentar yang Anda terima di video adalah peluang untuk membuat percakapan dan koneksi yang lebih dalam.

8. Hubungkan ke Akun Google+ Anda

Pastikan untuk menautkan akun Google+ Anda ke saluran YouTube Anda. Ini memastikan bahwa setiap komentar yang diterima video Anda di pos Google+ akan muncul di laman YouTube khusus video.

Dengan begitu, semua umpan balik yang dihasilkan video Anda terpusat di satu lokasi. Google memberikan petunjuk terperinci tentang cara menautkan kedua akun di sini.

9. dan 10. Gunakan Anotasi dan Verifikasi Situs Web Anda

Anotasi adalah hamparan teks yang dapat diklik yang dapat Anda masukkan ke salah satu video Anda. Anda dapat memilih untuk menautkan anotasi ini ke salah satu video Anda atau halaman saluran Anda. Anotasi sangat bagus untuk mempromosikan konten video Anda yang lain.

Jika Anda lebih suka membuat anotasi yang tertaut ke situs web Anda, Anda perlu memverifikasi situs Anda dengan menyisipkan baris kode ke beranda situs web perusahaan Anda. Kode ini dibuat di tautan Alat Webmaster Google Anda.

Saya sangat merekomendasikan memanfaatkan fitur ini untuk keuntungan Anda. Melalui mengelola Halaman Kontak Konstan YouTube, saya telah menemukan bahwa orang sering tertarik untuk mempelajari lebih lanjut jika Anda membuatnya mudah bagi mereka.

Jika Anda memiliki blog yang berisi konten hebat yang relevan, pertimbangkan untuk membuat anotasi untuk mengarahkannya ke blog Anda.

Membuat saluran YouTube yang dinamis dan terlibat mungkin tampak seperti banyak pekerjaan, tetapi hadiahnya sepadan.
Video membantu Anda menjadi otoritas tepercaya dalam industri Anda, serta sumber hiburan yang ramah.

Anda tidak harus menjadi pembuat film atau penyihir video untuk menjadi sukses di YouTube. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu bagaimana Anda dapat menawarkan sesuatu yang berharga kepada pemirsa Anda. Dengan cara itu mereka akan menghargai usaha Anda, terlibat dengan Anda, dan mengunjungi halaman Anda lagi dan lagi.

Subscribe to receive free email updates: